Technologue.id, Jakarta – Sistem pembayaran digital milik Gojek, GoPay, sudah bisa melakukan pembayaran uang SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) dengan mudah dan cepat. Para orang tua dan wali murid kini dapat membayar SPP dan biaya pendidikan lain seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler dengan GoPay.

Senior Vice President Sales GoPay, Arno Tse menjelaskan hadirnya layanan GoPay untuk keperluan pendidikan akan memudahkan orang tua yang tidak perlu lagi pergi sekolah untuk melakukan pembayaran.

Baca Juga:
Makin Mudah, Bayar SIM di Polda Metro Jaya Lewat Gopay

“Layanan terbaru ini membebaskan orang tua dan wali murid untuk membayar pendidikan anak di mana saja dan kapan saja tanpa harus hadir ke sekolah. Orang tua yang sibuk dapat fokus dengan kepentingan lain seperti pekerjaan tanpa khawatir akan melewatkan tenggat pembayaran,” kata Arno dalam pernyataan resminya.

Saat ini ada sekitar 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah dan tempat kursus di Indonesia yang telah terdaftar di GoBills.

Pengguna GoPay yang ingin melakukan pembayaran SPP bisa langsung menuju menu GoBills di dalam aplikasi Gojek, di sana akan ada pilihan “Schools”. Kemudian, pengguna bisa memilih sekolah dan memasukkan nomor identitas murid untuk melakukan pembayaran SPP atau yang lainnya.

Baca Juga:
GoPay Terapkan QRIS di Kotak Amal NU

Menurut Arno, layanan ini juga akan memudahkan lembaga pendidikan yang tergabung untuk menghasilkan pencatatan penerimaan iuran yang jelas, transaksi yang lebih rapi dan teratur. Ia berharap layanan ini bisa menjangkau lebih banyak lagi lembaga pendidikan di seluruh Indonesia untuk menerapkan pembayaran digital.

Sebelumnya, guyonan bayar SPP pakai Gopay hanyalah candaan ketika mantan CEO Gojek Nadiem Makarim ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Saat itu seketika celotehan hingga meme bertebaran soal bisa membayar uang sekolah dengan GoPay.