Technologue.id, Jakarta – Grab memperluas bisnis layanan pemesanan kurir dari sepeda motor menjadi mobil kendaraan roda empat. Dengan nama GrabExpress Car, layanan kurir instan ini tersedia bagi bisnis wirausahawan mikro atau UMKM di Tanah Air.

Pelanggan dan merchant kini memiliki pilihan baru yang dapat mengakomodasi kebutuhan mereka, khususnya untuk jumlah pengantaran yang lebih banyak dan jarak yang lebih jauh.

Layanan ini mampu mengirimkan barang dengan kapasitas besar hingga 150 kilogram dalam sekali pemesanan yang didukung dengan armada GrabCar. Pengguna juga bisa mengirimkan lebih banyak barang hingga ke lima destinasi dalam satu kali pemesanan, melalui fitur multi stop. Pengiriman dan penerimaan barang dilakukan pada hari yang sama. Tarif antar barang hemat, mulai dari Rp16.000 untuk pengantaran di wilayah Jabodetabek, serta potongan harga khusus bagi pengguna GrabExpress baru.

Baca Juga:

Garap Mobil Listrik, Hyundai Sumbang Rp3,6 Miliar di Grab

- Advertisement -

Soal keamanan barang, pengiriman barang kini lebih aman dengan adanya asuransi barang, bukti pengiriman, dan fitur pelacakan kiriman.

Dikatakan Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia, GrabExpress Car memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan third party logistics, dari sisi kapabilitas. Ia menuturkan, hingga saat ini GrabExpress sudah tersedia di 139 kota di seluruh Indonesia. Adanya permintaan pasar turut mendorong Grab melakukan inovasi layanan baru ini.

“Dengan layanan baru ini, tentu kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik juga. Dibandingkan third party logistics, GrabExpress Car memiliki konsep door-to-door sehingga barang cepat sampai di hari yang sama dalam beberapa jam. Ada juga input dari mitra UMKM yang ingin ada layanan antar barang pakai mobil,” kata Ridzki, saat peluncuran inovasi layanan ini, di JW Luwansa, Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Baca Juga:

Saat Persaingan Go-Jek dan Grab Merambah ke Kuliner

Tidak semua armada GrabCar bisa mengambil jasa kurir GrabExpress Car. Layanan ini hanya bisa dijalankan oleh mobil dengan 6 seater atau sekelas MPV.

Lebih dari itu, Grab juga meningkatkan kenyamanan pengguna (user experience) melalui alur pemesanan GrabExpress yang telah diperbarui dengan tampilan lebih mudah dan sederhana.

Daftar kontak telepon yang tersimpan pada smartphone kini juga terintegrasi langsung dengan aplikasi Grab, sehingga memudahkan pengguna dalam memilih dan mengisi rincian kontak penerima barang saat melakukan pemesanan layanan.

Baca Juga:

Asyik! GrabRewards Hadirkan Beragam Keuntungan bagi Traveller

Di saat bersamaan, Grab juga memperkenalkan layanan GrabExpress Nalangin, sebuah layanan Cash on Delivery (COD) dengan armada sepeda motor, yang memungkinkan pelaku UMKM di wilayah Jakarta – untuk mengirimkan produknya ke pembeli dengan biaya pembelian produk yang ditanggung terlebih dahulu oleh mitra pengemudi.

Setelah menerima orderan, mitra pengemudi menuju lokasi pengambilan produk dan membayarkan biaya pembelian produk terlebih dahulu ke pengguna dengan maksimal nominal sebesar Rp200.000. Sebagai catatan, pengiriman produk ke lokasi penerima dengan maksimum radius 30km di wilayah Jakarta.

“Cakupan GrabExpress Car baru di Jabotabek, sementara GrabExpress Nalangin hanya di Jakarta saja,” ujar Gita Prihanto, Head of 2 Wheels Transport & Logistics Grab Indonesia, dalam kesempatan acara yang sama.

Dalam tahap uji coba, layanan GrabExpress Nalangin akan tersedia secara eksklusif bagi merchant yang melakukan pengiriman secara aktif dalam tiga bulan terakhir.