Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

News Latest News Direct

GridTimeTM 3000 GNSS Time Server Tawarkan Ketahanan Baru untuk Gardu Induk Pembangkit Listrik

byZulfi Apriani - editorDenny Mahardy May 6, 2022

Technologue.id, Jakarta - GridTimeTM 3000 GNSS Time Server  merupakan software yang baru saja dirilis oleh Microchip Technology Inc. (MCHP). Sistem GridTime 3000 menghasilkan sinyal waktu dan frekuensi yang tepat untuk menyelaraskan sistem komunikasi analog dan digital. Platform pengaturan waktu yang tangguh ini menggabungkan beberapa input pengaturan waktu untuk perlindungan jika terjadi gangguan sinyal Sistem Satelit Navigasi Global (Global Navigation Satellite System – GNSS) yang disebabkan oleh cuaca buruk, gangguan lingkungan, gangguan sinyal atau spoofing.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Randy Brudzinski, wakil presiden, unit bisnis sistem frekuensi dan waktu Microchip berikut:

“Lonjakan, cuaca buruk, dan serangan siber yang menargetkan infrastruktur penting semuanya memerlukan arsitektur dan teknologi pengaturan waktu yang Tangguh. Infrastruktur yang mumpuni dapat mengurangi ancaman dan memastikan pengaturan waktu yang berkelanjutan,” jelas Randy Brudzinski.

Baca Juga:
NASA Akan Menyelidiki ‘Pesta Geologi’ di Delta Sungai

Selanjutnya, terdapat tiga tingkat opsi holdover internal yang tersedia dalam GridTimeTM 3000 yakni Osilator Kristal yang Terkompensasi Suhu dan Terkendali oleh Tegangan (Voltage Controlled Temperature Compensated Crystal Oscillator – VCTCXO) dasar dan opsi Osilator Kristal yang Terkontrol oleh Oven (Oven Controlled Crystal Oscillator – OCXO), atau osilator Rubidium berkinerja tinggi opsional untuk memperpanjang durasi holdover dan meningkatkan kinerja.

Tidak hanya itu, sistem GridTime 3000 juga menggunakan standar industri Rivest, Shamir and Adleman (RSA) dan enkripsi berbasis Advanced Encryption Standard (AES) untuk melindungi dari pengunggahan konfigurasi yang tidak sah untuk kode berbahaya.

Server GridTime 3000 memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi sebelumnya. GridTime 3000 menawarkan sepuluh terminal 1000BASE-T Ethernet (1 Gbps) untuk sinkronisasi kecepatan tinggi menggunakan Protokol Ketepatan Waktu (Precision Time Protocol – PTP) dan Protokol Waktu Jaringan (Network Time Protocol – NTP). Teknologi tersebut melengkapi solusi waktu dan sinkronisasi Microchip lainnya.

Baca Juga:
Ilmuwan Jepang Ciptakan Sumpit Artifisial yang Bisa Timbulkan Rasa Asin

Server GridTime 3000 juga menggunakan berbagai teknologi Microchip termasuk sirkuit terintegrasi dan osilator untuk menawarkan solusi yang komprehensif dan andal kepada para pelanggan.

Menariknya lagi, GridTime 3000 GNSS Time Server Microchip menyertakan interface pengelola browser web internal, yaitu Clock Management Tool (CMT). CMT menyediakan konfigurasi untuk memudahkan pengelolaan dan pemantauan perangkat dari jarak jauh dan rangkaian aksesori baru termasuk sistem penerima GNSS multi-band, multi-konstelasi, dan satu daya cold-swappable.

Jika Anda tertarik untuk membelinya, Anda perlu untuk bersabar sampai GridTime 3000 GNSS Time Server tersedia di pasar. Untuk mengikuti setiap perkembangan informasi terkait software ini, silahkan Anda menghubungi perwakilan penjualan Microchip, distributor resmi, atau mengunjungi situs Microchip.

#MicrochipTechnology #GridTimeTM3000GNSS #SoftwareBaru #PembangkitListrik #GarduListrik

Baca Juga