Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Direct

Hadapi New Normal, Zilingo Dukung UMKM Lewat Solusi Bisnis Terintegrasi

byRiza Mulyawan - editorDenny Mahardy Jun 17, 2020

Technologue.id, Jakarta - Pandemi COVID-19 telah memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis, khususnya bagi mereka yang bergerak di industri UMKM. Kementerian Koperasi dan UKM mencatat setidaknya ada 37.000 pelaku UMKM merasakan dampak dari virus corona dan menurut Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia, perubahan pola perilaku konsumen berpengaruh langsung kepada retail modern yang mengakibatkan terjunnya transaksi sebesar 80-85% untuk produk non pangan dan 30-40% untuk produk makanan semenjak penerapan PSBB di bulan April . Peralihan ini menunjukkan pola konsumsi yang berkembang secara bertahap yang akhirnya akan memetakan keseluruhan perubahan dalam skenario perdagangan di tengah pandemi COVID-19 atau seperti yang kita kenal sebagai 'new normal'.

"Didukung dengan pengalaman berkolaborasi dengan berbagai pelaku UMKM, kami memahami betul tantangan yang sering dialami oleh para pelaku bisnis. Berangkat dari wawasan ini, Zilingo siap membekali para pelaku UMKM untuk menghadapi era new normal melalui platform solusi bisnis satu atap kami, Zilingo Trade. Pelaku UMKM kini dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan solusi bisnis mulai dari pengadaan secara online, layanan jasa keuangan, layanan perangkat lunak hingga layanan pemasaran produk hanya dari satu platform yaitu zilingotrade.id," ungkap Ade Yuanda Saragih, VP and Country Head Zilingo.

Ade juga membagikan tiga hal yang harus diperhatikan oleh para pelaku UMKM untuk mempersiapkan diri memasuki era new normal sebagai berikut:

Kenali perubahan perilaku konsumen dan bertransformasi secara proaktif

Pandemi COVID-19 telah secara signifikan mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggannya. Oleh karena itu, penting bagi UMKM untuk memetakan pola perubahan perilaku konsumen di era ini, termasuk keinginan, harapan, dan kebutuhan konsumen dalam menjalani new normal. Salah satu contoh adalah perilaku belanja konsumen yang diyakini akan menghindari pertemuan fisik. Belanja secara daring pun diprediksi akan menjadi pilihan setelah pandemi ini berakhir. Studi Nielsen tentang perilaku konsumen Indonesia juga melaporkan bahwa 30% responden mengaku telah meningkatkan aktivitas belanja daring dan 40% mengatakan bahwa mereka akan terus melakukan pembelian secara daring bahkan setelah pandemi berakhir yang sejalan dengan konsep new normal.

Berdasarkan prediksi tren ini, pelaku UMKM dapat memanfaatkan layanan platform pengadaan berbasis daring sebagai tempat berjualan maupun pemenuhan kebutuhan bisnis saat ini. Platform pengadaan online, Zilingo Trade membantu para pemasok untuk memenuhi persyaratan pesanan dengan respon yang lebih cepat dan dibandingkan metode tradisional. Tidak hanya hemat biaya operasi, layanan pengadaan online dari Zilingo ini juga berupaya untuk meminimalkan kontak langsung dalam proses pengadaan kebutuhan bisnis, termasuk pengiriman ke tangan konsumen untuk memastikan operasional yang aman, sehat dan berkelanjutan untuk semua.

Perkuat strategi pemasaran digital untuk tetap terhubung dengan pelanggan

Untuk menghadapi pandemi global dan situasi new normal saat ini, para pelaku bisnis harus mencari cara untuk tetap terhubung dengan para pelanggan. Manfaatkan platform media sosial Anda secara keseluruhan, tidak hanya untuk menawarkan produk atau layanan terbaru, namun juga menciptakan jaringan pelanggan setia yang tidak hanya tertarik pada penawaran yang ada, tapi juga usaha Anda. Ketertarikan pelanggan terhadap moda belanja secara daring juga mengarahkan bisnis, termasuk UMKM untuk melebarkan cakupannya ke dunia digital dengan segala kemudahan yang ditawarkan.

Oleh karena itu, pelaku UMKM harus cepat beradaptasi dengan tren ini untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai. Zilingo Marketing Services siap membantu untuk merancang strategi yang efektif sesuai untuk memikat lebih banyak pelanggan di tengah era new normal. Sejumlah layanan seperti katalog foto, produksi konten, pemasaran online, pengambilan gambar profil perusahaan dan pabrik, desain promosi kreatif, pemasaran media digital dan media sosial, perencanaan & manajemen acara offline, hingga pengembangan & manajemen situs web, semua tersedia di Zilingo Marketing Services.

Tetap optimis di tengah masa sulit

Selain menyiapkan strategi bisnis yang baik, kesiapan psikis seorang pelaku UMKM sangatlah penting di masa sulit seperti saat ini. Riset McKinsey terkait sentimen konsumen Indonesia selama masa pandemi menyatakan bahwa meskipun tiga perempat responden mengaku mengalami penurunan pemasukan dan tabungan, mayoritas tetap menunjukkan aktivitas konsumsi yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan adanya peluang yang tersedia bagi pelaku bisnis.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan bisnis pelaku UMKM, termasuk biaya operasional terus meningkat karena kondisi ekonomi yang belum stabil, di luar faktor eksternal lainnya. Hal ini mungkin akan menjadi hambatan bagi pelaku UMKM untuk menjadi optimis di era new normal, oleh karena itu Zilingo Trade juga menyediakan layanan keuangan Zilingo Financial Services yang membantu pelaku UMKM untuk meraih pendanaan bagi usaha mereka. Layanan ini memberikan akses ke pendanaan yang lebih besar untuk mengembangkan bisnis Anda dengan model kredit yang unik dan dapat disesuaikan.

Arahan yang diberikan Ade serta layanan solusi bisnis dari Zilingo Trade ini diharapkan dapat mempermudah proses transisi menuju era new normal bagi para pelaku UMKM Indonesia untuk cepat bangkit dari krisis ekonomi serta tetap optimis menghadapi tantangan bisnis yang ada.

"Kami harap dengan mengembangkan strategi bisnis yang efektif dan efisien, pelaku UMKM dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dan terus menunjang kinerja penjualan di era new normal ini," tutup Ade.

#UMKM #E-commerce #Zilingo #PandemiCOVID-19 #EraNewNormal #ZilingoTrade

Baca Juga