Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Hadirkan Fitur Login Otomatis, Google Langgar Privasi User
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Maksudnya bisa memudahkan penggunanya dengan menghadirkan fitur login otomatis terhadap beragam layanan Google di Chrome, apa daya, raksasa internet itu malah menuai protes. Ya, pada update Chrome 69 yang digulirkan awal bulan ini, ketika Anda login ke website Google apa pun, Anda akan masuk juga ke akun Chrome. Tandanya, Anda bakal melihat kemunculan foto profil akun Google Anda di samping address bar saat Anda berhasil login otomatis. Sewaktu Anda logout, baik dari akun Chrome atau dari layanan-layanan Google tadi, maka Anda juga secara otomatis me-logout akun Google Anda.

Baca juga:

Berusia 10 Tahun, Google Chrome bak Internet Explorer 6

Namun, hal ini dinilai negatif oleh beberapa orang, terutama dari segi privasi pengguna. Matthew Green, cryptographer sekaligus profesor Johns Hopkins University, dalam blognya (23/09/2018) menjelaskan kalau menilai fitur ini melukai kepercayaan pengguna seperti dirinya. Pasalnya, kalau login otomatis ini lupa di-logout di suatu laptop atau PC umum, maka cookies, history, hingga password orang lain bakal tersinkronisasi dengan pemilik akun Google yang ceroboh tadi. Di samping itu, Google juga sebelumnya telah memiliki histori tersendiri sebagai "pengintai" user-nya, seperti dari cookies hingga memunculkan iklan yang relevan dan personal. Alhasil, privasi warganet pun dianggap makin tak ada harganya.

Baca juga:

OS Windows 95 Kini Jadi Aplikasi Mungil, Ayo Nostalgia!

Untungnya, Google berkenan mendengarkan masukan dari penggunanya ini. Zack Koch, Product Manager Google Chrome, menyatakan di blog resmi Chrome kalau pihaknya akan menyediakan opsi opt-out pada Chrome versi 70 yang akan dirilis pertengahan Oktober mendatang. Anda yang tidak cocok dengan fitur ini, bisa melarang fitur "Allow Chrome sign-in" di bagian Settings > Privacy and security. [caption id="attachment_39835" align="alignnone" width="673"]Hadirkan Fitur Login Otomatis, Google Langgar Privasi User Google akan sediakan fitur untuk menonaktifkan Chrome sign-in (source: Google)[/caption]

Baca juga:

Produk Semakin Banyak, Firefox Ganti Logo

Dalam tulisan tersebut, Koch turut menegaskan kalau fitur otomatis login ini sejatinya bukan berarti Chrome akan langsung menyinkronisasi history, password, dan bookmark dari perangkat lainnya, kecuali fitur sinkronisasinya sudah diaktifkan.

SHARE:

Sahur Praktis Pesan Lewat Layanan Food Delivery, Ini Daftar Aplikasinya

Marak SIM Swapping, Ketahui Bentuk Serangan dan Cara Mencegahnya