Technologue.id, Jakarta – Hari saat Path harus undur diri untuk selamanya tiba juga. Seperti diumumkan pertengahan September lalu, Kamis (18/10/2018) adalah hari terakhir layanan Path bisa diakses.

Alhasil mulai besok, jejaring sosial yang didirikan sejak 2010 itu tak akan tak akan bisa diakses. Data-data para pengguna pun bakal dimusnahkan. Apabila kebetulan Anda ingin mengabadikan data-data Anda di Path, sekaranglah kesempatan terakhir Anda.

Baca juga:

6 Hal yang Mengantarkan Path ke Kiamatnya Sendiri

Untuk mudahnya, silakan masuk ke menu Settings dari profil Path Anda, lalu sentuh tombol hijau bertuliskan “Click here to backup your files”. Langkah terakhirnya, masukkan alamat email Anda, supaya Path bisa mengirimkan file backup ini secara langsung pada Anda.

- Advertisement -

Baca juga:

Nostalgia Netizen dengan Path Tertuang di #TerimaKasihPath dan #GoodbyePath

17 September lalu, media sosial yang identik dengan warna merah dan huruf “P” itu telah mengumumkan untuk mengakiri layanannya. Sebelum benar-benar berhenti beroperasi hari ini (18/10/2018), per 1 Oktober 2018, aplikasi mobile Path dihapus dari App Store dan Google Play.

Baca juga:

Jauh Sebelum Digosipkan Tutup, CEO Path Ingin Rombak Platformnya

Walau tak mengungkap secara gamblang penyebab penghentian layanan ini, banyak yang menduga kalau platform yang dihadirkan untuk menyaingi Facebook ini kesusahan untuk mencari pengguna baru sekaligus mempertahankan pengguna lamanya.

Tahun 2014, Path menyatakan bahwa mereka menampung 23 jutaan netizen global; 4 jutaan di antaranya merupakan pengguna dari Indonesia. Namun sampai layannnya ditutup hari ini, belum ada kabar kalau jejaring sosial yang sempat diincar oleh Google ini sudah berhasil menggaet 100 juta pengguna.

Terima kasih karena pernah hadir di tengah kehidupan beberapa warganet Tanah Air, Path! Selamat tinggal!