Technologue.id, Jakarta – Apa yang Tim Cook bilang di Apple Event bulan ini setidaknya bukan omong kosong belaka. iPhone XS, smartphone tergarang Apple, memang terbukti memiliki performa super.

Setidaknya, hal ini telah dibuktikan dari benchmark TomsGuide.com. Ketika diadu melawan flagship-flagship Android pengusung chipset tergarang Qualcomm, Snapdragon 845, serta iPhone X, iPhone XS (bersama iPhone XS Max) berhasil merajai chart tersebut.

Baca juga:

Apple Resmikan Ponsel Tergaharnya, iPhone XS dan XS Max

Melansir TomsGuide.com (18/09/2018), skor performa iPhone XS Max dan XS menggunakan Geekbench 4 multi-core benchmark adalah 11.515 dan 11.420. Sementara iPhone X menduduki peringkat ketiga dengan 10.357.

Hasil Benchmark iPhone XS Max Jauh Ungguli Samsung Galaxy Note 9
Hasil pengujian sejumlah flagship menggunakan Geekbench 4 (source: tomsguide.com)
- Advertisement -

Baca juga:

Analis: Penjualan Apple Watch Series 4 Akan Bagus, iPhone XS Drop

Menariknya, gadget termutakhir andalan Samsung, Galaxy Note 9, malah berada di nomor lima. Handset itu masih kalah dengan OnePlus 6 yang mencuri kursi nomor empat dan praktis menjadi smartphone Android dengan performa terbaik versi benchmark Geekbench 4.

Ketika diuji dengan membuka aplikasi, lagi-lagi terlihat kekalahan Galaxy Note 9. Cara mudah sekaligus riil untuk melihat performa ponsel di dunia nyata ini membuktikan kalau iPhone XS Max membuka game-game berat macam Asphalt 9 dan Fortnite lebih cepat ketimbang ponsel ber-S Pen itu.

Hasil Benchmark iPhone XS Max Jauh Ungguli Samsung Galaxy Note 9
Pengujian kecepatan membuka sejumlah aplikasi antara iPhone XS Max, iPhone X, dan Galaxy Note 9 (source: tomsguide.com)

Baca juga:

Review: Samsung Galaxy Note 9, Memori Lega, Nilai Plus di S Pen

Dari hasil ini, cip A12 Bionic memang terbukti sebagai otak tercerdas smartphone saat ini, melebihi Snapdragon 845. Namun tentu saja, performa yang mumpuni itu juga sejalan dengan harga yang sangat tinggi untuk sebuah produk telepon genggam.