Hi App, Aplikasi Komunikasi Sosial Buatan Anak Bangsa Resmi Tersedia di Google Play Store dan App Store

Technologue.id, Jakarta – PT. Hello Kreasi Indonesia (HKI) resmi meluncurkan aplikasi komunikasi sosial multifungsi bernama Hi App pada hari Selasa, 20 Oktober 2020. Publik sudah bisa mengunduh aplikasi buatan anak bangsa ini di Google Play Store dan App Store. Product Specialist PT. Hello Kreasi Indonesia Fanny Febriani Susilo mengatakan, fitur-fitur menarik yang bisa dinikmati pengguna diantaranya adalah penerjemah, chat organizer, berbagi file, serta mode terang dan gelap.

“Pertama, penerjemah. Ini salah satu fitur yang membedakan Hi App dengan aplikasi sejenis lain. Kita coba mengembangkan fitur ini mengingat orang Indonesia saat ini juga berinteraksi dengan orang-orang asing, begitupun sebaliknya. Terkadang ada keterbatasan bahasa yang dialami saat kita berkomunikasi satu sama lain,” kata Fanny.

Sehingga, fitur ini bisa digunakan untuk menerjemahkan pesan-pesan yang diterima pengguna Hi App. Dengan adanya fitur ini komunikasi pun akan lebih mudah dan fleksibel dalam berbagai bahasa. Untuk saat ini, fitur penerjemah pesan yang tersedia bagi pengguna Hi App adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Fanny menjelaskan, fitur lainnya yang ada di Hi App adalah chat organizer. Dimana ruang obrolan personal dan grup akan terpisah sehingga tidak tercampur seperti aplikasi sejenis yang sudah ada. Hal ini disesuaikan dengan karakteristik orang Indonesia yang sifatnya cenderung komunal dan gemar berbincang-bincang serta berbagi informasi di grup.

“Jadi pemisahan ini juga akan mempermudah pengguna dalam berinteraksi. Misalnya, pengguna ingat pernah bahas topik A di grup, tapi dia lupa di grup mana, maka fitur ini bisa mempercepat pengguna melakukan pencarian karena ada pemisahan ruang obrolan personal dan grup,” ujarnya.

Hi App juga mendukung keleluasaan pengguna dalam berbagi file berupa dokumen, foto, dan video di ruang obrolan personal maupun grup. Ukuran maksimal dari setiap file yang bisa dibagikan ke sesama pengguna adalah 100 Megabyte (MB). Selain itu, ada pula fitur light mode dan dark mode yang disediakan untuk mendukung kenyamanan pengguna Hi App.

Pengembang Hi App juga menjamin perlindungan data dan privasi pengguna. Hi App dan pihak ketiga tidak dapat membaca obrolan dan semua file yang dibagikan pengguna. Aplikasi ini menggunakan end-to-end encryption secara default untuk setiap pesan yang dikirimkan dan tidak pernah menyimpan pesan pengguna di peladen dalam format biasa.

Sehingga, ruang obrolan pribadi dan grup pengguna aman karena kunci enkripsi pribadi turut tersimpan di perangkat penerima.

Untuk melindungi akun pengguna dari pihak asing dan akses tidak sah, Hi App menerapkan sistem
identitas end-to-end yang aman dengan menggunakan otentikasi nomor telepon melalui verifikasi
One Time Password (OTP).

Hi App juga dirancang seringan mungkin sehingga bisa berjalan lancar dalam berbagai jenis ponsel pada tingkatan low-end hingga high-end. Aplikasi ini sudah bisa dipasang pada ponsel dengan sistem operasi minimum Android 5.1 Lollipop dan iOS 11.

Strategi pengembangan

Sementara itu, Managing Director PT. Hello Kreasi Indonesia Michelle Kusuma mengatakan, pengembangan Hi App ke depannya mengutamakan kebutuhan dan budaya masyarakat yang serba dinamis. Hal Itu hanya bisa dicapai melalui rangkaian riset untuk memahami karakteristik pasar dan perilaku pengguna.

Sehingga, untuk menentukan fitur apa yang akan dikembangkan nantinya, Hi App akan melakukan survei dan wawancara dengan berbagai kelompok orang, seperti dari kalangan pekerja informal yang kehilangan pekerjaan selama pandemi hingga profesional dengan jadwal kerja dari rumah yang padat

“Kami berupaya mendapatkan pemahaman lebih baik tentang masalah komunikasi yang dihadapi banyak orang di Indonesia. Satu contoh sederhana namun berdampak adalah kami menemukan responden kami merasa tidak nyaman menggulir obrolan grup di antara daftar panjang obrolan pribadi. Dengan demikian, solusi untuk masalah ini adalah melalui fitur chat organizer untuk memisahkan obrolan personal dan grup,” katanya.

Michelle menjelaskan, Hi App telah memiliki rencana pengembangan yang ketat guna menghasilkan produk berkualitas tinggi. Di sisi lain, pengembangan Hi App juga harus berjalan dengan kampanye pemasaran kreatif dan rencana pengembangan bisnis yang komprehensif mencakup sejumlah inisiatif kerja sama dengan berbagai pihak potensial.

“Aplikasi perpesanan seluler lainnya terus menjadi pesaing kami, namun kami tidak menganggapnya sebagai ancaman, karena kami yakin bahwa kami memiliki tim yang tepat untuk memberikan produk yang sangat solid. Kami sangat berfokus pada data dalam membuat keputusan strategis untuk mendukung pertumbuhan Hi App,” ujar dia.

Latest News

5 TWS Kualitas Jempolan di 2020

Technologue.id, Jakarta - Industri perangkat True Wireless Stereo (TWS) semakin menggeliat di tahun 2020 ini. Beragam model dan fitur dari produsen berbeda...

Meroket Saat Pandemi, Jenius Pay Tambah Mitra Merchant

Technologue.id, Jakarta - Layanan pembayaran digital Jenius Pay mengalami peningkatan selama pandemi dan kondisi working from home (WFH). Jumlah...

Darkness Rises Bikin Event Gabungan Bareng For Honor Akhir Desember

Technologue.id, Jakarta - Darkness Rises, action RPG third person populer dari Nexon, bakal bikin event kolaborasi bareng For Honor dari Ubisoft pada...

Daftar Harga Geng iPhone 12 yang Dijual Resmi di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Seluruh jajaran smartphone iPhone generasi ke-12 sudah bisa dipesan mulai tanggal 11 Desember 2020 di Indonesia. Ada empat varian...

Atur Chat, LINE Luncurkan Fitur Folder Obrolan

Technologue.id, Jakarta - LINE kembali memperkenalkan fitur baru untuk para pengguna di masa pandemi ini. Pengguna LINE kini bisa...

Related Stories