Technologue.id, Jakarta – Facebook baru-baru ini mengumumkan akan mengurangi kualitas video di platformnya untuk wilayah Eropa. Langkah ini menyusul YouTube dan Netflix yang lebih dahulu menurunkan kualitas videonya.

Dilansir dari CNBC pada Selasa (24/3/2020), pengurangan kualitas video ini dilakukan untuk menghindari internet lambat. Mengingat saat ini banyak orang yang terpaksa tinggal di rumah karena pandemi virus Corona yang berujung pada kenaikan trafik internet.

Baca Juga:
Makin Ketat, Facebook Bakal Hapus Iklan Hand Sanitizer

Melalui cuitan Twitter, juru bicara Facebook mengatakan, “Untuk membantu mengurangi potensi kemacetan jaringan selama krisis # COVID19, kami akan sementara mengurangi laju bit untuk video di Facebook dan Instagram di Eropa.”

Langkah menurunkan kualitas video ini juga akan diambil oleh Disney. Perusahaan tersebut mengatakan akan mengurangi kualitas video sebanyak 25% di layanan streaming Disney +.

Baca Juga:
Tangkal Hoax, Twitter Bakal Hapus Cuitan dengan Kriteria Ini

Sebelumnya, Thierry Breton selaku pejabat industri UE telah meminta platform media untuk mengalihkan kualitas video mereka ke kualitas standar. Cara ini disebut mampu membantu mengatasi peningkatan penggunaan internet di tengah situasi bekerja di rumah.

Kebijakan bekerja di rumah yang turut meningkatkan trafik internet ini dilakukan oleh beberapa negara. Hal ini dilakukan untuk menjaga jarak sosial guna menekan angka penyebaran virus asal Wuhan tersebut.