Technologue.id – Seperti di segmen menengah yang persaingannya semakin sengit, kompetisi smartphone di kelas flagship juga sama panasnya. Masing-masing produsen pastinya berusaha sebisa mungkin membekali ponsel besutannya dengan fitur terbaik.

Salah duanya ditawarkan oleh Honor 10 dan Samsung Galaxy S9+. Ditujukan bagi pengguna di kelas atas, kedua ponsel pastinya hadir dengan menonjolkan teknologi terbaiknya. Baik dari sisi fitur, maupun desain yang serba kinclong.

Nah, apa jadinya kalau keduanya dibandingkan? Yuk, simak ulasannya berikut.

  1. Desain sama-sama kinclong!
Honor 10 vs Galaxy S9+
Honor 10 vs Galaxy S9+

Baik Honor 10 dan Galaxy S9+ hadir dengan menonjolkan desain yang premium, terutama bila melihat bodi belakangnya. Keduanya menawarkan tampilan kinclong berkat penggunaan lapisan berbasis kaca. Alhasil, kesan mahal pun begitu terasa pada kedua ponsel kelas atas ini.

Meski begitu pemilihan warna yang dipilih Honor 10 terasa lebih berkelas dibanding Galaxy S9+. Bukannya tanpa alasan, pasalnya Honor menggunakan warna elegan yang mampu menampilkan efek gradasi. Ditambah lagi, Honor juga memadukannya dengan desain melengkung di bagian sisi yang membuat efek gradasi semakin menonjol.

- Advertisement -

Sementara Galaxy S9+ lebih memilih menggunakan warna-warna elegan untuk menunjukkan kesan premiumnya. Salah satunya adalah kelir hitam yang dipegang redaksi Technologue.

Honor 10 vs Galaxy S9+
Honor 10 vs Galaxy S9+

Beralih ke bagian layar, Galaxy S9+ boleh berbangga lantaran menawarkan teknologi Edge yang jadi andalannya sejak beberapa tahun ke belakang. Tapi Honor 10 juga bukannya tak bisa menandingi, penggunaan notch atau poni di bagian atas layarnya membuktikan ponsel flagship ini mengikuti tren kekinian.

Baca juga:

Perang Ditabuh, Honor Yakin 100 Persen Ungguli Xiaomi

Selain itu penempatan tombol volume di sisi kanan ponsel juga telah terbukti best practice bagi pengguna, mudah diakses tanpa butuh penyesuaian. Berbeda dengan Galaxy S9+ yang justru menempatkan tombol power dan volume di sebelah kanan. Untuk beberapa pengguna mungkin akan butuh sedikit penyesuaian.

Honor 10 vs Galaxy S9+
Honor 10 vs Galaxy S9+
Honor 10 vs Galaxy S9+
Honor 10 vs Galaxy S9+

Begitu pun dengan penempatan pemindai sidik jari. Penempatan sensor yang persis di bawah kamera utama berpotensi mengotori bagian lensanya, yang bisa menyebabkan tangkapan foto Galaxy S9+ jadi tidak optimal. Tapi alasan Samsung menempatkan pemindai sidik jari di bodi belakang tak lepas dari layar yang telah menerapkan teknologi Infinity Display.

Honor 10 vs Galaxy S9+
Honor 10 vs Galaxy S9+

Sedangkan di Honor 10, sensor sidik jari diposisikan di bawah layar yang dianggap sebagai lokasi terbaik karena paling mudah diakses. Asyiknya lagi, Honor 10 tetap bisa membenamkan teknologi layar Full View dengan rasio 18:9 meski dengan kehadiran sensor sidik jari di bawahnya.

  1. Spesifikasi, Kirin 970 vs Exynos 9810
Honor 10 vs Galaxy S9+
Honor 10 vs Galaxy S9+

Sebagai ponsel flagship, Honor 10 dan Galaxy S9+ pastinya hadir dengan spesifikasi terbaik. Namun yang membuat kedua perangkat menarik adalah prosesor yang digunakan. Dua-duanya mengandalkan prosesor bikinannya sendiri. Kalau Honor membekalinya dengan Kirin 970, maka Galaxy S9+ dipercayakan pada Exynos 9810. Menariknya lagi, keduanya telah mengandalkan pabrikasi 10 nm yang menjanjikan performa lebih cepat sekaligus lebih hemat daya.

Sementara untuk menopang kinera prosesor tersebut, Honor 10 memadukannya dengan RAM 4 GB. Sedangkan Galaxy S9+ dibenamkan besaran RAM berukuran 6 GB.

Beralih ke layar, Honor 10 tampil ringkas dengan bentang layar seluas 5,84 inci dan mengusung resolusi full HD+ (1.980 x 2.220 pixel). Alhasil, ponsel ini jadi lebih nyaman digenggam dan lebih nyaman dibawa ke mana-mana.

Sesuai namanya, Galaxy S9+ punya layar yang lebih besar. Berukuran 6,2 inci dengan resolusi yang mencapai 2.960 x 1.440 pixel), ponsel premium flagship ini memang menjanjikan tampilan yang lebih luas. Jadi kembali lagi ke pengguna, mau ponsel yang ringkas atau layar lebar.

Honor 10 vs Galaxy S9+
Honor 10 vs Galaxy S9+

Adapun untuk pasokan daya, keduanya dibekali baterai dengan kemampuan yang tak berbeda jauh. Honor 10 dibekali baterai 3.400 mAh, sementara Galaxy S9+ mengandalkan baterai 3.500 mAh. Perbedaan ini tak lepas dari ukuran layar yang digunakan.

Di sisi performa, tak terasa perbedaan yang signifikan antara Honor 10 dan Galaxy S9+. Sejumlah game populer juga lancar jaya dimainkan di kedua ponsel, seperti Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG, dan Fortnite.

Begitu pun dari sisi penggunaan harian, sebagai ponsel flagship keduanya sukses memberikan pengalaman penggunaan yang terbilang sangat mulus. Bahkan dalam kondisi beban berat, seperti ketika banyak aplikasi yang dibuka secara bersamaan.

  1. Adu kamera ganda
Honor 10 vs Galaxy S9+
Honor 10 vs Galaxy S9+

Bicara kamera, Honor 10 dan Galaxy S9+ menjanjikan jepretan yang bakal memanjakan penggunanya. Tak mengejutkan, sebagai ponsel di kelas atas kedua perangkat pastinya hadir dengan kemampuan kamera yang tak main-main.

Honor 10 dibekali teknologi kamera ganda yang memadukan kemampuan 24 MP dan 16 MP. Keduanya juga menawarkan bukaan f/1.8 yang menjanjikan tangkapan lebih cerah di kondisi kurang cahaya. Singkatnya, kalau di kondisi kurang cahaya saja menjanjikan hasil ciamik, apalagi dengan pencahayaan yang cukup.

Baca juga:

Honor 10 Tonjolkan Kamera Berkekuatan AI, Apa Fungsinya?

Hal itu pun terbukti dari beberapa jepretan yang diambil menggunakan kamera ganda Honor 10. Hasil yang disodorkan kamera ini bisa dibilang mampu memenuhi harapan penggunanya. Mulai dari kondisi outdoor, indoor, dan makro dijawab dengan sangat baik oleh kamera ganda Honor 10.

Hasil foto Honor 10
Hasil foto Honor 10
Hasil foto Honor 10
Hasil foto Honor 10
Hasil foto Honor 10
Hasil foto Honor 10
Hasil foto Honor 10
Hasil foto Honor 10

Bagaimana dengan Galaxy S9+? Rasanya sulit meragukan kemampuan kamera ganda dari ponsel besutan Samsung ini. Memadukan kemampuan 12 MP di kedua kameranya, Samsung sukses memberikan hasil jepretan terbaik bagi penggunanya.

Apalagi produsen ini turut membekali kamera Galaxy S9+ dengan fitur aperture yang bisa diatur mulai dari bukaan f/1.5 sampai f/2.4. Jadi apapun kondisi pencahayaannya, kamera Galaxy S9+ menjanjikan hasil optimal.

Hasil foto Galaxy S9+
Hasil foto Galaxy S9+
Hasil foto Galaxy S9+
Hasil foto Galaxy S9+

Menariknya, ketika hasil jepretan kedua kamera disandingkan malah sulit menemukan mana pemenangnya. Kedua ponsel sama-sama berhasil memberikan hasil foto terbaik melalui kamera yang diusungnya.

Jadi semuanya balik lagi pada kebutuhan pengguna, mana yang lebih worth it.

  1. Sama-sama terbaik, pilih sesuai kebutuhan
Honor 10 vs Galaxy S9+
Honor 10 vs Galaxy S9+

Sebagai ponsel di kelas flagship, tak mengejutkan kalau Honor 10 dan Galaxy S9+ memberikan fitur terbaik bagi pengguna. Mulai dari desain, keduanya mampu memberikan nuansa elegan yang kental. Begitu pun di sektor spesifikasi, performa terbaik sukses memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya.

Tak sekadar menemani aktivitas sehari-hari, kedua ponsel juga mampu diajak melakukan pekerjaan ‘berat’, seperti bermain game dengan grafis ciamik.

Baca juga:

Review: Honor 10, Smartphone Flagship yang Menawan

Sementara di sektor pencitraan pengguna akan dimanjakan dengan hasil jepretan yang seakan tanpa cela. Baik Honor 10 maupun Galaxy S9+ mampu memberikan hasil jepretan terbaik di berbagai kondisi pencahayaan. Bahkan bisa dibilang pengguna tak perlu effort berlebih untuk memperoleh hasil ciamik.

Tapi terlepas dari kemampuan yang sama-sama baiknya, Honor 10 punya satu keunggulan. Tepatnya pada harga yang ditawarkan. Pasalnya ponsel terbaik Honor ini bisa dibawa pulang hanya dengan merogoh kocek di angka Rp7 juta!

Banderol tersebut berselisih signifikan bila dibandingkan dengan Galaxy S9+ yang kini ditawarkan di harga Rp12 jutaan. Namun dengan perbedaan harga tersebut konsumen akan memperoleh besaran RAM dan bentang layar yang lebih besar.

Jadi, pilih yang sesuai kebutuhan ya.