Technologue.id, Jakarta – Kecerdasan buatan atau yang biasa dikenal dengan Artificial Intelligence (AI) sedang marak dikembangkan oleh sejumlah perusahaan teknologi. Namun tak hanya mengembangkan algoritmanya, beberapa di antaranya juga mencoba membuat sebuah perangkat khusus untuk bisa memproses AI.

Mengutip dari NextPowerUp (15/07/17), Huawei dikabarkan tengah membuat sebuah prosesor yang dikhususkan untuk mengeksekusi perintah-perintah AI. Hal tersebut disampaikan oleh Huawei pada ajang China Internet Conference 2017.

Walaupun utamanya difungsikan untuk memproses perintah AI, prosesor tersebut juga bisa berfungsi layaknya GPU dan CPU. Ini dikarenakan ia masih menggunakan konsep System on Chip dimana seluruh komponennya menyatu dalam satu chip.

Di saat yang bersamaan, CEO Huawei, Richard Yu juga mengatakan kalau prosesor itu akan siap dirilis sekitar akhir tahun 2017 mendatang. Sayangnya, ia masih enggan untuk menyebutkan fungsinya secara detail.

Di sisi lain, Yu pun menyatakan bahwa saat ini Huawei sedang mengembangkan chipset baru Kirin 970. Dan kemungkinan, chipset tersebut bakal disematkan ke dalam phablet generasi mendatangnya, Mate 10.

 

Baca juga:

Huawei Perkenalkan Perangkat Fitness Baru, Masuk Indonesia?

Tablet Baru Huawei Mengandung Sesuatu dari Samsung Galaxy S8, Apa Itu?

Huawei Mate 10 Bakal Punya Layar Tanpa Bezel