Huawei dan Honor Kebut Performa Grafis Pakai GPU Turbo, Apa Hebatnya?

Technologue.id, Jakarta – Huawei dan Honor mulai mengadopsi teknologi pemrosesan GPU Turbo dengan integrasi hardware-software. Dibanding kartu grafis lainnya, GPU Turbo diklaim membawa sejumlah keunggulan seperti efisiensi pemrosesan grafis ponsel, memberi pengalaman gaming lebih mulus, dan performa cepat dalam menjalankan smartphone.

GPU Turbo bahkan digadang-gadang bisa meningkatkan efisiensi pemrosesan grafis sebesar 60 persen sekaligus mengurangi konsumsi energi SoC (System on Chip) sebesar 30 persen. Fitur ini sangat penting mengingat operasi yang menuntut grafis biasanya mengkonsumsi baterai secara boros.

Baca juga:

Kapalkan 54 Juta Smartphone di Q2 2018, Huawei Singkirkan Apple

Asal tahu saja, GPU untuk platform smartphone saat ini kerap menghadapi serangkaian kendala teknis, seperti penyimpanan, pembuangan panas, dan konsumsi energi. Tantangan ini kerap menghampiri pengembang smartphone agar bisa mengatasi lonjakan permintaan untuk pemrosesan grafis seluler.

Sebagai solusi, Huawei dan Honor meluncurkan GPU Turbo, terobosan teknologi yang dikembangkan berdasarkan pengalaman akumulasi perusahaan di bidang pemrosesan grafis. Salah satu produk yang sudah mengusung teknologi ini adalah Huawei Nova 3i dan Honor 10.

Baca juga:

Ini Penampakan Honor 10, Pesaing iPhone X yang Harganya Rp7 Juta Saja

Dengan GPU Turbo ini, smartphone secara signifikan dapat menawarkan pengalaman penggunaan yang sempurna. Semua itu berkat efisiensi pemrosesan grafis sebesar 60 persen. Selain itu, dengan kemampuan rendering yang lebih besar, perangkat Honor dapat mencapai kualitas grafis yang luar biasa dengan GPU Turbo, meskipun aplikasi game mobile tidak mendukung HDR (High Dynamic Range) imaging.

Selama 10 tahun terakhir, permintaan untuk kemampuan pemrosesan grafis di smartphone telah melonjak, dengan berkembangnya resolusi layar dari VGA ke full HD 1080p dan 4K di masa depan. Selain itu, banyak teknologi dan aplikasi terkini yang menuntut kemampuan pemrosesan grafis tinggi seperti AR (augmented reality) dan VR (virtual reality).

Baca juga:

“Newbie” di Indonesia, Honor Incar Posisi Tiga Teratas

Saat ini game mobile telah didominasi game yang membutuhkan pemrosesan grafis cukup tinggi. Salah satunya adalah game multiplayer online battle arena (MOBA) yang membutuhkan kemampuan pemrosesan grafis terbaik dari smartphone.

GPU Turbo akan mendukung dua judul multiplayer yang sedang ngetren saat ini, yaitu PUBG Mobile dan Mobile Legends: Bang Bang. Selanjutnya, dukungan untuk game tambahan lainnya akan diumumkan di kemudian hari.

Latest News

Spotify Wrapped Lagi Hits, Begini Cara Buatnya

Technologue.id, Jakarta - Memasuki penghujung tahun, Spotify Wrapped yang berisi daftar lagu hingga podcast yang sering didengar di sepanjang tahun kembali populer...

10 Tahun Indonesia Berpartisipasi dalam Shell Eco-marathon

Technologue.id, Jakarta - Partisipasi Indonesia dalam kompetisi Shell Eco-marathon (SEM) Asia telah genap memasuki sepuluh tahun. Berbagai inovasi kendaraan hemat energi dan...

Nuansa Papua Hadir di Google Doodle

Technologue.id, Jakarta - Nuansa Papua hadir di Google Doodle hari ini, Jumat (4/12/2020). Mulai dari Noken, rumah adat Honai, hingga pegunungan Jayawijaya.

Apple App Store Umumkan Pemenang Best of 2020

Technologue.id, Jakarta - Di ujung tahun 2020, semakin banyak yang berikan penghargaan untuk game terbaik yang rilis sepanjang tahun ini. Apple sendiri...

Gandeng Content Kreator dan Brand Lokal, Smartfren Bikin WowLabs

Technologue.id, Jakarta - Smartfren resmi luncurkan platform kokreasi bernama WowLabs. Platform ini dibuat khusus sebagai wadah untuk tingkatkan semangat kolaborasi para pelaku industri...

Related Stories