Technologue.id, Jakarta – Setelah sebelumnya batal menghadirkan Huawei Mate Xs di gelaran MWC 2020, Huawei akhirnya meluncurkan ponsel lipat tersebut. Huawei Mate Xs ini merupakan ponsel lipat penerus Mate X yang diluncurkan pada pertengahan tahun lalu.

Dalam presentasi melalui video pada Selasa (25/2/2020), CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu mengatakan, “Huawei Mate Xs hadir dengan peningkatan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya. Perangkat ini merupakan ponsel 5G tercepat dikelasnya.”

Untuk layarnya, Huawei Mate Xs memiliki layar utama berukuran 6.6 inci dan layar kedua sebesar 6.38 inci. Ketika layar dibuka, ponsel tersebut berubah menjadi tablet dengan layar 8 inci dengan ketebalan 6mm.

Baca Juga:
Bos Xiaomi: Bisnis Berjalan Baik

Huawei Mate Xs ini didukung prosesor besutan Huawei sendiri, yaitu Kirin 990 5G dengan RAM 8GB serta ruang penyimpanan sebesar 512GB. Richard mengklaim prosesor ini memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding besutan Qualcomm.

Ponsel lipat ini juga dibekali Quad-camera yang disusun secara vertikal. Terdiri dari kamera utama 40MP, telefoto 8MP, ultra wide 18MP serta 3D Depth Sensing Camera. Huawei Mate Xs juga menghadirkan fitur zooming hingga 45x.

Huawei Mate Xs ini didukung baterai dengan kapasitas sebesar 4500mAh, baterai tersebut juga dilengkapi teknologi ultra super fast-charging 55W yang mampu mengisi daya sebanyak 85 % hanya dalam waktu setengah jam.

Baca Juga:
Amerika Mau Hambat Produksi Chip untuk Huawei

Richard menambahkan, “Huawei Mate Xs dijalankan dengan EMUI10.0.1 yang merupakan sistem operasi berbasis Android Open Source Project. Ini tidak hanya menggabungkan peningkatan performa dan keamanan, tetapi juga mendukung fitur Multi-screen Collaboration yang di kembangkan dengan teknologi Huawei.”

Selain itu, ponsel lipat ini juga disebut akan menjadi perangkat Huawei pertama yang diluncurkan dengan Huawei AppGallery yang telah diperbaharui. Huawei membandrol Mate Xs dengan harga Rp 37.8 juta, namun belum jelas kapan ponsel ini akan masuk di pasar Indonesia.