Technologue.id, Jakarta – Memasuki tahun 2020, sudah mulai banyak smartphone yang mulai kebagian pembaharuan sistem operasi ke Android 10. Dan salah satunya adalah smartphone flagship buatan Huawei, P30 dan P30 Pro.

Baca Juga:

Mengutip dari GSMArena (15/01/20), Huawei dikabarkan sudah mulai mendistribusikan EMUI versi 10 yang berbasis Android 10 untuk unit smartphone P30 dan P30 yang dijual oleh O2, salah satu perusahaan operator telekomunikasi di Amerika Serikat.

Kedatangan pembaharuan tersebut ditandai dengan adanya notifikasi pop-up untuk melakukan update ke Android 10 dengan besaran file 4,5 GB. Namun jika belum mendapatkan notifikasi, pengguna bisa membuka aplikasi HiCare untuk mengecek pembaharuan sistem terbaru yang tersedia.

Baca Juga:

Setelah berhasil terinstall, versi EMUI pada Huawei P30 dan P30 Pro akan berubah menjadi 10.0.0.178. Meski masih sangat terbatas, ke depannya pendistribusian firmware tersebut akan tersebar secara global.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi apakah nantinya pengguna Huawei P30 dan P30 Pro di Indonesia juga bakal kebagian Android 10 atau tidak. Namun sebagai smartphone flagship, kemungkinan besar pembaharuan tersebut akan menyambangi seluruh wilayah dari pemasaran kedua smartphone itu.