Technologue.id, Jakarta – Acara tahunan IBM BP Solutions Summit 2018 kembali digelar untuk kedua kalinya. International Business Machines (IBM) menggandeng sejumlah partner lokal untuk membantu para pebisnis bertransformasi digital.

Partner lokal yang menggunakan solusi dari IBM ini diantaranya AGIT, Anabatic Technologies, Bina Data Mandiri, Binareka Tata Mandiri, Blue Power Technology, Intikom Berlian Mustika, Lintasarta, Multipolar, Perkom, Sinergi Wahana Gemilang, dan Tech Data.

Mengusung tema “Put Smart to Work” kali ini bertujuan menggabungkan talenta dan teknologi untuk merubah cara berbisnis di era digital saat ini. Bersama para partner-nya IBM Indonesia mengajak para peserta summit untuk membangun potensi bisnis di masa depan dengan memanfaatkan teknologi seperti AI, Cloud, Blockchain dan Internet of Thing yang akan merubah dunia di masa depan.

“IBM BP Solutions Summit 2018 digagas oleh partner-partner kami dalam mendukung inovasi IBM dan transformasi digital bagi pelanggan dalam melakukan perjalanan ke cloud melalui portofolio solusi yang kami miliki,” ujar Novan Adian, Country Manager One Channel, IBM Indonesia, saat sesi konferensi pers di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Baca juga:

- Advertisement -

IBM Akuisisi Red Hat, Segini Maharnya

Dalam implementasinya, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu memberikan keleluasaan kepada partner untuk berinovasi menggunakan teknologi dalam menawarkan layanan terbaiknya bagi para pelaku bisnis agar dapat diterapkan dengan mudah, efisien dan cerdas.

“Di IBM, business partner sangat penting. Karena market sangat luas sehingga kami tidak bisa bekerja sendiri. Para partner lah yang memiliki experience bisnis. Batasan tipikal partner sudah sangat blur. Sebab itu, kami memberikan solusi yang fleksibel, easy to deploy, dan cepat,” tutur Novan.

Solusi dari IBM menawarkan dua sifat, yaitu spesifik (perlu kustomisasi) dan universal yang bisa dipakai dimana saja.

Baca juga:

6 Solusi IBM Mudahkan Perusahaan Bertransformasi Digital

Salah satu partner partner IBM Indonesia yang mengembangkan solusi spesifik adalah PocketBank. Platform digital banking dari perusahaan Anabatic ini sudah lebih dari 10 tahun menjadi partner IBM Indonesia dan memanfaatkan teknologi IBM, perusahaan bisa mengembangkan solusi yang bermanfaat bagi pelanggannya.

PocketBank memiliki fitur unggulan yang mendukung proses transaksi non finansial seperti registrasi nasabah, pembukaan rekening, profiling nasabah, dan juga customer service selain itu Pocketbank juga mendukung independensi terhadap sistem yang sudah di miliki oleh customer.

Baca juga:

Huawei Dorong Tiga Fokus Industri Capai Transformasi Digital

“PocketBank mendukung financial inclusion di mana memberikan akses perbankan terhadap masyarakat agar bisa memanfaatkan teknologi sebagai jembatannya. Dengan melakukan pengembangan terhadap digital banking, perbankan memberikan akses di tangan penggunanya sendiri. Pengguna tidak lagi tergantung pada cabang bank tapi cukup pakai ponsel,” ungkap Adriansya Adnan, Presiden Direktur PT Anabatic Technologies.

Keunggulan sistem ini, dikatakan Adriansya, selalu aktif 24 jam dan zero downtime. Hal ini batasan-batasan yang dimiliki institusi perbankan dalam menangani transaksi yang berlangsung real-time.