Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Bertabur Promo, Transaksi E-commerce Melambung Saat Imlek
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Perayaan Tahun Baru Imlek 2019 mendatangkan berkah bagi industri e-commerce di Indonesia. ShopBack mencatat pertumbuhan volume transaksi hingga 70 persen dibanding rata-rata transaksi harian, saat perayaan imlek. Dilaporkan ada kenaikan sekitar 10-15 persen dibanding volume transaksi tahun lalu yang hanya sekitar 55-60 persen. Pola konsumsi masyarakat indonesia yang mulai merambah dunia digital dan online menjadi faktor peningkatan volume pemesanan e-commerce. “Tidak hanya volume pemesanan yang meningkat tahun ini, rata-rata belanja masyarakat Indonesia saat imlek tahun ini pun turut meningkat. Berdasarkan data ShopBack, rata-rata belanja di platform e-commerce pada imlek tahun ini sekitar Rp 746.000 naik 50 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 480.000,” ujar Indra Yonathan, Country Head of ShopBack Indonesia.

Baca Juga: 5 Smartphone Terbaik yang Bisa Dibeli dari Angpao di Hari Imlek

Yonathan menambahkan, peningkatan volume ini juga tidak lepas dari beragam kegiatan promosi potongan harga serta cashback yang diberikan platform e-commerce menjelang perayaan imlek 2019. “Selain promo imlek, beberapa e-commerce juga ada yang memberikan program promo gajian atau festival belanja online di tanggal cantik, seperti festival belanja 2.2 kemarin. Tren festival belanja di tanggal cantik ini pun akan semakin semarak lagi di 2019,” ungkapnya.

Baca Juga: Go-Deals Hoki, Promo Spesial dari Go-Jek Sambut Imlek

Volume pemesanan di ShopBack sudah menunjukkan kenaikan dari dua minggu menjelang perayaan imlek dan puncaknya terjadi pada seminggu menjelang. Data inipun senada dengan hasil survei yang dilakukan ShopBack pada Februari 2018, terhadap lebih dari 1.100 responden di lima kota di Indonesia. Dimana 40,1 persen responden mengaku telah membeli perlengkapan imlek tujuh hari menjelang perayaan imlek berlangsung. Sebanyak 24 persen mulai membeli perlengkapan dua minggu sebelum dan 16,4 persen sebulan sebelum. Sementara itu, berdasarkan data ShopBack, kategori marketplace, pulsa, travel, fesyen, dan makanan menjadi lima produk teratas yang dibeli pengguna ShopBack saat promo imlek berlangsung. Adapun lima marketplace yang menjadi favorit masyarakat pada imlek tahun ini adalah Shopee, Tokopedia, JD.ID, Blibli, dan Bukalapak.

SHARE:

Google Batal Bikin Pixel Tablet 2, Hindari Persaingan dengan Apple?

Ini Respons Kemenperin soal Proposal Investasi Apple Rp1,58 Triliun