Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Pentingnya Bisnis Interaksi dengan Konsumen Melalui Aplikasi Messaging
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - WhatsApp kembali menyelenggarakan WhatsApp Business Summit (WABS) kedua kalinya di Indonesia. WABS tahun ini diawali pertama kali di Indonesia, sebelum bergilir ke negara lainnya.

Dalam acara ini, WhatsApp mengumumkan sejumlah fitur baru yang dirancang untuk membantu bisnis membangun presence, menciptakan pengalaman percakapan yang menyenangkan, dan terhubung lebih baik dengan pelanggan demi meraih kesuksesan dan berkembang.

Baca Juga:
Mengenal WhatsApp Official Centang Hijau dan Fitur-Fiturnya untuk Bisnis

Benjamin Joe, Vice President of Southeast Asia and Emerging Markets Meta mengatakan bahwa Indonesia memiliki populasi digital terbesar ke-empat di dunia dan merupakan salah satu negara dengan tingkat penetrasi mobile tertinggi.

"Tidak mengherankan jika 88% orang Indonesia saat ini mengatakan bahwa mereka mengirim pesan kepada bisnis setidaknya sekali seminggu, sama seperti mereka berkomunikasi dengan teman dan keluarga," kata Benjamin.

Di era digital saat ini, konsumen Indonesia cenderung memilih perpesanan untuk berinteraksi dengan bisnis. Oleh karena itu, bisnis perlu memanfaatkan perpesanan secara efektif untuk menarik pelanggan dan mempertahankan daya saing.

Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia, menekankan pentingnya perpesanan bagi bisnis lokal serta urgensi untuk mengadopsinya sekarang juga. Hal ini didorong oleh 87% konsumen Indonesia lebih memilih perpesanan sebagai cara utama untuk berkomunikasi dengan bisnis.

"Maka penting bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan platform perpesanan dalam berinteraksi dengan konsumen modern. Kami memahami betapa pentingnya WhatsApp dalam kehidupan sehari-hari dan akan terus mendukung bisnis untuk meraih kesuksesan dengan WhatsApp," ujar Pieter dalam acara WhatsApp Business Summit di Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Baca Juga:
Meta Sempurnakan Fitur Panggilan ke WhatsApp

Pieter menjelaskan, sebanyak 68% konsumen merasa frustasi bila pelaku bisnis tidak menggunakan aplikasi perpesanan sebagai alternatif komunikasi. "Ini artinya perilaku konsumen sudah shifting ke messaging," ungkapnya.

Oleh karena itu penting bagi pelaku bisnis di Indonesia untuk menggunakan perpesanan di setiap tahap perjalanan konsumen—mulai dari interaksi awal dan prapenjualan, hingga keterlibatan jangka panjang. Perpesanan tetap menjadi cara terbaik bagi konsumen dan bisnis untuk menyelesaikan berbagai keperluan; baik itu menjawab pertanyaan, mendiskusikan produk, atau menyelesaikan transaksi pembelian.

Apalagi saat ini layanan WhatsApp Business turut didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) sehingga bisnis bisa meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan kepada pengguna.

SHARE:

Google Batal Bikin Pixel Tablet 2, Hindari Persaingan dengan Apple?

Ini Respons Kemenperin soal Proposal Investasi Apple Rp1,58 Triliun