Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Strategi Vivo Pertahankan Posisi Jawara Brand Smartphone Indonesia
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Tahun 2020 merupakan tahun istimewa untuk vendor smartphone Vivo di Indonesia. Bagaimana tidak, Vivo sukses menjadi merek nomor 1 di Indonesia untuk pertama kalinya, pada kuartal I-2020.

Menurut riset dari firma pasar IDC, pangsa pasar Vivo di Indonesia pada kuartal I-2020 sebesar 27,4 persen. Pangsa pasar Vivo tersebut meningkat dibandingkan pada kuartal III-2019, yang sebesar 22,8 persen.

Baca Juga:
Imbas Pandemi, Penjualan Smartphone Vivo Bergerak Dinamis

Pada periode kuartal III-2019, Vivo masih menduduki di peringkat dua vendor smartphone di Indonesia. Saat itu, Oppo yang berada di posisi pertama dengan pangsa pasar sebesar 26,2 persen.

Untuk mempertahankan pucuk pimpinan ini, pihak Vivo Indonesia bakal tetap mengedepankan inovasi agar produknya terus dilirik konsumen. Banyaknya varian yang dirilis dengan beragam fitur menjadi salah satu strategi Vivo untuk menarik pasar Indonesia. Didukung pula oleh penguatan rantai distribusi dan memastikan ketersediaan produk di pasar.

"Yang pertama, pasti inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kalau semua produk memiliki inovasi yang dibutuhkan masyarakat, maka itu akan menjadi produk yang dibeli oleh masyarakat. Dengan adanya pandemi ini, kita juga melakukan beberapa adaptasi dan program-program penjualan seperti Layanan Antar ke Rumah dan bekerja sama dengan toko-toko online. Kita juga berusaha memastikan produk-produk kita mudah didapatkan di pasaran," tutur Tyas K. Rarasmurti, Public Relations Manager Vivo Indonesia, saat konferensi pers virtual, Rabu (20/5/2020).

Baca Juga:
Pabrik Samsung, Xiaomi, Oppo dan vivo di India Mulai Beroperasi

Tyas mengakui, tahun 2020 ini merupakan tahun yang penuh tantangan. Semua orang dan lingkup bisnis harus bisa beradaptasi dengan kebiasaan dan norma-norma baru. Kendati berada pada masa sulit, namun hal ini tidak mengurangi semangat dan komitmen Vivo untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen dan rekan bisnis mereka.

Untuk produknya, empat seri ponsel Vivo memiliki segmen pasar masing-masing. Dimulai dari seri Y menyasar konsumen yang memiliki kocek terbatas namun mendambakan smartphone yang affordable. Seri Z, untuk memenuhi kebutuhan gamers dan hobi fotografi.

Untuk seri S, mengincar generasi milenial yang ingin selalu tampil beda. Terakhir, seri V merupakan produk yang menjadi pionir dalam menghadirkan teknologi tertentu, seperti smartphone dengan pop up camera pertama dan smartphone dengan dual pop up camera pertama.

SHARE:

Google Batal Bikin Pixel Tablet 2, Hindari Persaingan dengan Apple?

Ini Respons Kemenperin soal Proposal Investasi Apple Rp1,58 Triliun