Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Indonesia Usulkan Tiga "P" Terkait Pengembangan AI
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Indonesia merespon penguatan kolaborasi dalam perkembangan teknologi AI dalam AI Safety Summit 2023, dengan mengusulkan tiga P sebagai fondasi.

"Indonesia mengusulkan tiga P sebagai fondasi tindakan kolektif dan kolaborasi kita di masa depan, yaitu Policy (kebijakan), Platform (aplikasi) dan People (sumberdaya manusia)," ujar Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria.

Baca Juga:
Saingi iPhone 15, Samsung Sematkan Bingkai Titanium pada Galaxy S24 Ultra

Nezar menekankan kebijakan mengenai AI harus bermanfaat bagi semua pihak dan berfungsi sebagai dasar melakukan tindakan afirmatif seperti menutup kesenjangan digital, dan memfasilitasi transfer teknologi AI.

Komunikasi yang jujur dan jelas ketika membahas AI, terutama mengenai risiko dan langkah mitigasi juga dianggap penting agar kebijakan tersebut dapat mencerminkan proyeksi masa depan penggunaan AI yang aman, terjamin, dan kuat.

Mengenai aspek sumber daya manusia, Wamen Nezar Patria menyatakan Indonesia percaya bahwa pengembangan sumber daya manusia adalah suatu keharusan.

Baca Juga:
Elon Musk Ingin X Jadi Aplikasi "Palugada", Saingi YouTube hingga Bank

"Tindakan kita di masa depan harus mengarah pada pendekatan yang lebih inklusif dengan memberdayakan manusia," tegasnya.

Nezar juga menyatakan kesiapan SDM adalah kunci untuk mengoptimalkan manfaat memitigasi risiko AI, oleh karena itu inisiatif literasi digital, program peningkatan keterampilan digital, serta pemberdayaan kepemimpinan digital harus ditempatkan sebagai komitmen dan prioritas global.

SHARE:

Garena Undawn Hadirkan Patch Baru, Ajak Pemain Taklukan Kegelapan di Stygian City

Gara-gara Ini, Kominfo Ancam Denda Platform Digital Sebesar Rp500 Juta