Technologue.id, Semarang – Indosat Ooredoo menggelar uji jaringan dan kualitas layanan telekomunikasi miliknya di Semarang, Demak dan Kudus. Ketiga kota tersebut biasanya menjadi lokasi tujuan banyak pemudik ketika Idul Fitri.

Wajar saja, ketiga kota di Jawa Tengah tersebut memiliki jalur penghubung ke jalur Pantai Utara (Pantura) yang juga menjadi jalur mudik padat di pesisir utara Jawa Tengah menuju Jawa Timur. Ketiga kota itu juga punya banyak obyek wisata religius yang menjadi tujuan wisata selama masa Ramadhan dan Lebaran.

Baca juga:

Indosat Ooredoo Dukung Penuh Terwujudnya 100 Smart City di Indonesia

- Advertisement -

Yusuf Setiawan selaku Division Head NSAS Optimization Indosat Ooredoo yang memandu proses uji jaringan dari Bandara Ahmad Yani, Masjid Raya Demak, Museum Kretek di Kudus sampai ke kantor Indosat Ooredoo Semarang di Jalan Pandanaran.

Sepanjang perjalanan, jaringan Indosat Ooredoo dijajal untuk melayani berbagai aktivitas layanan berbasis data yang banyak diakses pelanggan seperti download, live streaming, YouTube, dan video call. Dalam uji jaringan tersebut, layanan 4G Indosat Ooredoo secara kontinyu di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus.

“Layanan data kami perkirakan bakalan mengalami kenaikan yang signifikan karena kebiasaan masyarakat berkomunikasi sudah berubah. Secara kenaikan kami perkirakan mengalami peningkatan sebesar 80 persen dibanding momen Idul Fitri tahun lalu dan naik 20 sampai 30 persen dibanding hari biasa,” kata Yusuf.

Baca juga:

Indosat Lahirkan Para Kartini Pengembang Android

Dalam uji jaringan tersebut, diperoleh coverage 4G secara kontinyu di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus. Dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Dalam kegiatan ini kecepatan maksimal download mencapai 39.74 Mbps dengan rata-rata kecepatan download 8.09 Mbps. Khusus di beberapa titik keramaian kota tujuan mudik diperoleh kecepatan download hingga 107.70 Mbps (Simpang Lima Semarang), 86.98 Mbps (Masjid Agung Demak), 97.17 Mbps (Museum Kretek Kudus).

Baca juga:

Difasilitasi Indosat, Kampus Ini Punya Command Center Mandiri

Selama uji jaringan Indosat juga dilakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 96,83 persen area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent yang menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik.

“Hasil uji jaringan kali ini sukses menunjukkan kualitas layanan Indosat Ooredoo dalam kondisi prima. Ada sekitar 100 BTS yang melayani kita di sepanjang jalur uji jaringan di sekitar Semarang-Demak-Kudus,” tandas Yusuf.