HomeHeadlineIndosat - Tri Resmi Merger, Ini Pembagian Jatah Sahamnya

Indosat – Tri Resmi Merger, Ini Pembagian Jatah Sahamnya

Technologue.id, Jakarta – Indosat Ooredoo dan Hutchison Tri Indonesia resmi merger. Setelah bergabung, perusahaan diberi nama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Technologue.id pada Jumat (17/9/2021), dikatakan bahwa Ooredoo Group saat ini memiliki 65% saham dan kendali atas Indosat Ooredoo lewat Ooredoo Asia.

Penggabungan Indosat Ooredoo dan Hutchison Tri Indonesia ini akan menyebabkan CK Hutchison menerima saham baru di Indosat Ooredoo hingga 21,8% dari Indosat Ooredoo Hutchison.

Pada saat yang sama, PT Tiga Telekomunikasi akan menerima saham baru Indosat Ooredoo hingga 10,8% dari Indosat Ooredoo Hutchison.

Baca Juga:

Merger, Indosat Ooreddo dan Tri Indonesia Janjikan Spektrum Lebih Luas

Bersamaan dengan penggabungan bisnis, CK Hutchison akan mendapatkan 50% saham dari Ooredoo Asia dengan menukar 21,8% sahamnya di Indosat Ooredoo Hutchison untuk 33% saham di Ooredoo Asia.

Kemudian, CK Hutchison juga akan mendapatkan tambahan 16,7% kepemilikan di Ooredoo Group lewat transaksi senilai US$ 387 juga.

Menyusul transaksi di atas, Para Pihak akan masing-masing memiliki 50% dari Ooredoo Asia, yang akan diberi nama baru yaitu Ooredoo Hutchison Asia dan memiliki 65,6% saham dan kendali atas Indosat Ooredoo Hutchison.

Pada akhir transaksi, Indosat Ooredoo Hutchison akan dikendalikan bersama-sama oleh Ooredoo Group dan CK Hutchison.

Baca Juga:

Indosat dan Tri Indonesia Merger, Ini Calon Pimpinan Direksi

Indosat Ooredoo Hutchison akan terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan pemerintah Indonesia memiliki 9,6% saham, PT Tiga Telekomunikasi Indonesia memiliki 10,8% saham, dan pemegang saham publik lainnya memiliki kira-kira 14,0% saham.

Perusahaan menyebut, aksi merger ini akan melahirkan perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia dengan perkiraan pendapatan tahunan hingga US$3 miliar.

Perusahaan memperkirakan rasio proses (run rate) tahunan sinergi sebelum pajak akan mencapai US$300-400 juta dalam tiga hingga lima tahun ke depan.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More