Ini Dia 8 Fakta Unik Tentang Trending Topic di Twitter

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Twitter menjadi spesial karena audiens yang menggunakannya. Karakter unik mereka, latar belakang yang beragam, percakapan yang tercipta, opini yang terbentuk, dan hal-hal lainnya yang menginspirasi Twitter untuk terus memperbarui kebijakan, proses, teknologi, dan alat untuk memastikan semua orang dapat berpartisipasi pada percakapan publik dengan bebas dan aman.

Salah satu fitur Twitter yang semua orang mungkin tahu, tapi hanya sedikit yang mengerti bagaimana fitur itu bekerja adalah Trending topic.

Untuk memahami lebih lanjut cara kerjanya, berikut ini adalah 8 hal yang perlu diketahui tentang trending topic di Twitter.

  1. Algoritma
    Tren ditentukan oleh algoritma. Secara otomatis, tren disesuaikan untuk pengguna berdasarkan akun yang mereka ikuti, minat, dan lokasi Anda. Namun, pengguna juga dapat mengubahnya dengan memilih tren berdasarkan lokasi (misalnya, Indonesia) dan mereka dapat menemukan topik populer di kalangan orang-orang dalam lokasi geografis tertentu.
  2. Tren ditentukan oleh jumlah Tweet, kan?
    Tidak. Tren menunjukkan apa yang sedang dibicarakan di Twitter saat itu juga. Tren tidak ditentukan hanya dari jumlah Tweet tentang topik tertentu. Tren mencerminkan apa yang terjadi saat ini dan membantu Anda menemukan topik diskusi terhangat yang sedang dibicarakan di Twitter.
  3. Tren = tagar?
    Tidak. Tagar memang bagian dari tren, namun kata dan frasa juga menjadi faktor yang menentukan. Twitter juga mengelompokkan tagar-tagar yang saling terkait, seperti #MalamJumat dan #Kamistis yang keduanya dapat dinyatakan dengan #MalamJumat.
  4. Bagaimana saya melihat Tweet yang menjadi bagian dari sebuah trending topic?
    Klik atau sentuh salah satu trending topic yang ada pada daftar dan Anda akan melihat hasil pencarian tren tersebut. Anda akan melihat semua Tweet yang berisi frasa, kata atau tagar. Untuk melihat Tweet yang telah terdahulu yang tidak lagi terdaftar, Anda dapat menggunakan pencarian Twitter.
  5. Apakah saya bisa berpartisipasi dalam trending topic?
    Bisa! Tweet kata, frasa atau tagar yang sama seperti yang muncul di daftar tren dan Anda sudah menjadi bagian dari percakapan yang terkait dengan trending topic tersebut. Catatan: Twitter juga menyaring pencarian demi kualitas. Untuk memahami jenis perilaku yang dapat menyebabkan Tweet Anda lolos proses pemilihan, baca tentang peraturan dan pembatasan pencarian kami.
  6. Apakah trending topic memiliki keterangan?
    Terkadang. Di bawah ini adalah beberapa tren yang memiliki keterangan, seperti sejumlah Tweet atau konteks yang dipersonalisasi seperti siapa saja yang berada di ruang lingkup jaringan Anda yang menge-Tweet tentang topik tersebut. Saat volume Tweet diperlihatkan, Anda dapat melihat bahwa tidak selamanya jumlah Tweet yang banyak berada di deretan atas tren dibandingkan dengan jumlah yang lebih sedikit. Seperti yang disebutkan pada poin nomor dua di atas, tren tidak selalu ditentukan dengan jumlah Tweet sebuah topik tertentu, namun mencerminkan apa yang terjadi saat ini.
  7. Apakah ada topik yang dibatasi agar tidak masuk ke dalam jajaran trending topic?Twitter ingin agar trending topic yang ada dapat mempromosikan diskusi yang sehat di platform. Ini berarti bahwa saat ini, beberapa jenis konten tidak dapat muncul ke dalam jajaran trending topic, termasuk konten yang:
    1. Berisi referensi gambar/dewasa atau cabul.
    2. Menyebarkan ujaran kebencian yang berdasarkan pada ras, suku bangsa, asal negara, orientasi seksual, jenis kelamin, identitas jenis kelamin, kelompok agama, usia, disabilitas, atau penyakit.
    3. Melanggar Peraturan Twitter.
  8. Apakah ada pilihan trending topic berbayar di Twitter?
    Trending topic organik bekerja seperti yang dijelaskan di atas dan berada dalam parameter
    Peraturan Twitter. Hal ini tidak dapat diubah. Namun Twitter juga menawarkan dua pilihan untuk trending topic berbayar:
    1. Tren Promosi – ini adalah promosi berdampak tinggi dalam kurun waktu 24 jam yang populer di kalangan brand. Untuk memastikan transparan, semua Tren Promosi ditandai dengan jelas dan Tren Promosi harus mengikuti panduan Tren Promosi.
    2. Tren Promosi Spotlight atau Promoted Trend Spotlight – ini adalah format iklan visual yang muncul di daftar tren teratas. Tren ini dilengkapi video berdurasi 6 detik, GIF atau kumpulan foto statis.

Trending topic tersedia pada aplikasi Twitter untuk iOS, Twitter untuk Android, dan twitter.com. Di aplikasi ponsel Twitter, pengguna dapat menemukan trending topic tercantum di bagian tren pada tab Jelajahi. Saat masuk ke twitter.com di komputer desktop atau laptop, trending topic dicantumkan di banyak tempat; termasuk linimasa beranda, notifikasi, hasil pencarian, dan halaman profil. Informasi lebih lanjut tentang trending topic dapat dibaca di sini.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories