Technologue.id, Jakarta – Mi Note 10 Pro resmi muncul ke pasar Indonesia menawarkan lima unit kamera (penta kamera) di mana salah satunya memiliki sensor 108 MP (8P Lens). Boleh dibanggakan, sensor 108MP menjadi yang paling tinggi saat ini.

Untuk menghadirkan kamera dengan megapiksel besar, Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, menjelaskan bahwa dibutuhkan sensor yang dapat mendukung kamera tersebut. Samsung ISOCELL Bright HMX merupakan yang pertama dan masih satu-satunya sensor yang mendukung kamera 108 MP.

“Kami memiliki desain kamera setup yang salah satu paling complicated dalam pasar smartphone saat ini. Kami custom desain (ukuran sensor) untuk kami sematkan ke dalam flagship,” kata Alvin, saat meluncurkan Mi Note 10 Pro, di Jakarta, Sabtu (4/1/2019).

Baca Juga:
Xiaomi Boyong Mi Note 10 Pro dengan Kamera 108 MP, Harganya?

Ukuran sensor kamera smartphone (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Samsung membuat ukuran sensor yang lebih besar dari sensor pada umumnya. Dengan ukuran 1/1.33 inci, Bright HMX dapat menyerap lebih banyak cahaya walau dalam kondisi dengan pencahayaan yang buruk. Sebagai perbandingan, sensor kamera smartphone pada umumnya berukuran sekitar 1/2.55 inchi dan 1/2.7 inchi (untuk kamera 40MP).

Kamera 108 MP pada Mi Note 10 Pro menggunakan lensa 8P dengan Optical Image Stabilizer (OIS) dan sensor Super Pixel 4-in-1 dengan umur 1,6 mikron.

“Kami membawa fitur kamera smartphone ke level selanjutnya. Ini adalah smartphone dengan kamera 108MP pertama di dunia dan juga tentunya di Indonesia,” jelas Alvin.

Sensor buatan Samsung ini menggunakan teknologi Tetracell. Piksel dibuat menjadi empat kesatuan besar yang masing-masing berfungsi untuk mendeteksi cahaya merah, biru, dan hijau.

Keempat piksel tersebut kemudian yang menghasilkan gambar 27 MP pada cahaya yang sedikit. Tetracell ini lah yang membuat sensor dapat meniru sensor yang lebih besar.

Baca Juga:
Sah, Ini Dia Smartphone 64MP Pertama di Indonesia

Jika lingkungan didukung dengan cahaya yang optimal, kamera mampu menghasilkan gambar 108 MP. Sehingga hasil foto akan tampak detail.

“Dengan sensor yang lebih besar, Anda dapat menangkap lebih banyak cahaya dan detail. Dan Xiaomi menggunakan teknologi kamera paling canggih dan paling baik untuk Anda,” tuturnya.

Selain itu, salah satu keunggulan kamera 108MP, pengguna bisa mencetak foto seukuran billboard. Dalam presentasinya, Alvin menunjukkan hasil jepretan kamera Mi Note 10 Pro dicetak dalam ukuran spanduk 4×2 meter.