Technologue.id, Jakarta – Ajang F8 2018, yang merupakan konferensi tahunan developer Facebook, jadi momen Instagram untuk memamerkan fitur-fitur barunya. Salah satu fitur yang dihadirkan anak perusahaan Facebook Inc. itu adalah video chat.

Dari penjelasan resmi Instagram (01/05/2018), video chat di Instagram bisa diakses dengan menyentuh ikon video di bagian atas thread Direct Message, baik itu DM individu maupun grup. Dengan fitur ini, Anda bisa mengobrol bersama tiga pengguna Instagram sekaligus.

Baca juga:

Instagram Akan Hadirkan Fitur Mute (dan Seabrek Lainnya)

- Advertisement -

Hadirnya fitur ini hanya sedikit berbeda dengan bocoran yang terdengar beberapa waktu lalu. Sebenarnya, telah tersiar kabar kalau Instagram akan menghadirkan fitur video call. Fitur ini diendus hadir untuk aplikasi Instagram standar serta aplikasi chatting standalone pengguna Instagram bernama Direct.

Selain video call, ada juga sejumlah fitur lain yang bisa membuat pengalaman Anda menggunakan Instagram lebih seru. Yang pertama, Anda kini bisa membagikan lagu yang Anda dengan di Spotify dan video dari GoPro Anda langsung ke Instagram Stories. Ini adalah pembaruan signifikan lain setelah media sosial berumur tujuh tahun itu mempersilakan user-nya mengunggah hingga maksimal 10 foto atau video ke Stories secara bersamaan.

Ini Rentetan Fitur Baru Instagram, Ada Video Call!
Berbagi lagu dari Spotify ke Instagram Stories secara langsung (source: Instagram)

Baca juga:

Berapa Banyak Pengguna Instagram di Indonesia?

Instagram Stories juga telah sinkron dengan Facebook Stories. Jadi dalam sekali kerja, Anda bisa mengunggah dua konten di media sosial yang berbeda. Integrasi ini bukanlah yang terakhir, karena Instagram berjanji untuk menyinkronkan pula aplikasi lainnya.

Ini Rentetan Fitur Baru Instagram, Ada Video Call!
Fitur AR Effect di Instagram (source: Instagram)

Baca juga:

Berapa Banyak Pengguna Instagram di Indonesia?

Ini Rentetan Fitur Baru Instagram, Ada Video Call!
Tampilan baru laman Explore (source: Instagram)

Kini, terdapat pula efek AR di Instagram dan penyegaran laman Explore. Laman Explore Anda telah didesain Instagram agar lebih personal dan sesuai dengan ketertarikan Anda, sehingga Anda mudah menemukan akun atau user baru untuk di-follow. Personalisasi Explore ini tidak hadir dalam feed, tetapi dikategorisasi dalam bentuk topic channels dan hashtag terkait.