Ini Trik Beriklan di Instagram, Siap-siap Bisnis UKM Anda Makin Besar!

Ini Trik Beriklan di Instagram, Siap-siap Bisnis UKM Anda Makin Besar!
Ilustrasi Instagram (source: negativespace.co)

Technologue.id, Jakarta – Media sosial photo dan video sharing, Instagram, pada dasarnya tak semata-mata medium untuk menunjukkan eksistensi diri, tetapi juga terbukti sangat membantu bisnis kecil dan menengah untuk berkembang. Di Indonesia, setidaknya ada dua UKM lokal yang mampu eksis dan tumbuh secara agresif berkat Instagram, yaitu Dulcet Patisserie (@dulcetpatisserie) dan Chic & Darling (@chicanddarling).

Apa rahasia mereka dalam memanfaatkan medsos milik Facebook Inc. ini? Mari simak bersama, siapa tahu bisa menjadi inspirasi untuk mengembangkan bisnis Anda ke depannya.

Baca juga:

Sahih, Orang Jakarta Jagonya Instagram Stories Sedunia!

Dulcet Patisserie, yang notabene adalah usaha kue lokal berbasis digital pertama di Jakarta, mengaku memasang iklan di Instagram telah membuat popularitas mereka melesat.

“Bisnis kami lahir dari Instagram dengan fanbase yang cukup kuat,” jelas Karina Mecca, salah seorang perintis Dulcet Patisserie. “Dalam kurun waktu tiga hingga enam bulan setelah bergabung dengan Instagram, pengikut kami meningkat secara drastis dan kami mendapatkan dukungan secara sukarela dari beberapa public figure.”

Baca juga:

Instagram Resmi “Curi” Fitur Unik Twitter, Apa Bedanya?

Namun, memasang iklan di Instagram sendiri tak bisa asal. Konten kampanye, seperti foto, video, hingga caption, harus diperhatikan agar mampu menciptakan interaksi sesuai yang ditargetkan.

“Ketika Anda berbicara tentang Instagram, semua hal akan berpusat pada konten visual,” aku Kania Annisa Anggiani, seorang ibu sekaligus pembesar Chic & Darling, yang dikenal dengan karya rancangan dan produksi barang-barang unik yang dapat melengkapi kenyamanan rumah pelanggan.

“Dengan kata lain, konten visual Anda harus kuat. Oleh karena itu, kami mencoba untuk konsisten dengan unggahan kami, mulai dari warna, pencahayaan hingga gaya foto,” imbuhnya, dalam keterangan yang redaksi terima (11/10/17).

Baca juga:

Baterai iPhone 8 Bermasalah? Bisa Meledak?

Instagram sendiri pada dasarnya memiliki fitur-fitur atau beragam mode konten yang bisa dipilih, dari Boomerang, Stories, sampai Multiple Photos. Bagi Anda yang tengah berusaha membesarkan bisnis, cobalah untuk memaksimalkan platform ini untuk bisnis guna mengenalkan brand dan produk. Selain itu, manfaatkan pula wawasan (insight) Instagram untuk membantu menyiapkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan sesuai dengan target pasar.