Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Inovasi Terbaru dari Microsoft: Avatar Teams dan Peluncuran Platform Mesh
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Apakah Anda merasa bosan dengan konferensi video? Jangan khawatir! Kabar baik bagi pengguna Teams, karena sekarang avatar sudah tersedia secara umum untuk semua lisensi Microsoft 365 Business dan Enterprise mulai minggu ini di aplikasi desktop Teams di Windows dan Mac. Hore!

Avatar Teams: Alternatif Menarik dalam Konferensi Video

Microsoft mengumumkan bahwa avatar untuk Tim Microsoft "menawarkan alternatif untuk opsi biner saat ini dari video atau tanpa video" dan menampilkan "avatar dan reaksi yang dapat disesuaikan", memberikan pengguna opsi untuk beristirahat dari kamera "sambil mendorong keterlibatan dan kesenangan."

Mungkin tidak semua orang akan setuju dengan pernyataan tersebut, namun, konferensi video dengan avatar Teams ini lebih menghibur daripada hanya melihat layar kosong.

Baca Juga:
Filter AR Snapchat Kini Bisa Dipakai di Microsoft Teams

Peluncuran Mesh: Pengalaman VR di Tempat Kerja

Dalam berita terkait, Microsoft hari ini mengumumkan peluncuran Mesh dalam pratinjau pribadi. Platform ini memungkinkan pengembang untuk membangun pengalaman berfokus pada VR untuk tempat kerja.

Pengguna Teams dapat bergabung dengan ruang imersif yang juga tersedia dalam pratinjau pribadi. Peluncuran Mesh bertujuan untuk "meniru banyak elemen interaksi tatap muka", termasuk kemampuan untuk berjalan ke grup dan mengejar ketinggalan.

Microsoft dan Upaya Membangun "Metaverse"

Peluncuran Mesh tampaknya menjadi langkah terakhir dari upaya Microsoft untuk menciptakan "metaverse" - sebuah konsep yang terus dikembangkan. Mesh diumumkan hampir dua tahun yang lalu, dan Microsoft telah menunjukkan investasinya dalam teknologi VR dan AR.

Namun, perusahaan ini telah mengurangi langkah-langkahnya dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan Januari, Microsoft menutup AltspaceVR, yang berfokus pada pengalaman VR sosial, sebagai bagian dari restrukturisasi perusahaan secara keseluruhan.

Selain itu, laporan juga menyebutkan bahwa Microsoft membatalkan rencana untuk meluncurkan headset HoloLens 2 yang merupakan penerus dari HoloLens pertama, karena "ketidakpastian strategis".

Baca Juga:
Microsoft Teams Rombak Besar-Besaran Untuk Peningkatan Kinerja dan Kecepatan

Masa Depan Platform VR dan Peran Microsoft

Namun, dari berbagai pengumuman di acara Build hari ini, terlihat jelas bahwa Microsoft memiliki fokus khusus pada dominasi ruang AI generatif.

Mungkin ada harapan yang lebih besar di sana daripada sekadar metaverse, yang telah mengecewakan Meta, perusahaan teknologi besar lain yang berusaha mendorong adopsi VR secara luas dengan investasi miliaran dolar.

Terbukti, Meta semakin memindahkan perhatiannya dari teknologi VR ke bidang AI, sebagian besar karena tekanan dari para investor.

Waktu akan memberi jawabannya. Namun, tampaknya Microsoft masih yakin dengan perubahan fokus mereka ini.

Dengan avatar Teams dan peluncuran platform Mesh, Microsoft terus berinovasi untuk membawa pengalaman baru dalam konferensi video dan tempat kerja yang lebih imersif.

SHARE:

Harga Neta V-II Lebih Murah Rp80 Juta, Bagaimana Nasib Mobil Listrik Neta V?

Oppo Buka Gerai Premium Konsep Modern, Bisa Ngopi Hingga Baca Buku