Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Instagram Diam-diam Akses Kamera Pengguna iOS 14
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Beberapa pengguna mode beta iOS 14 mengaku bingung dan merasa dimata-matai lantaran mendapat notifikasi "kamera menyala" saat menggunakan Instagram. Padahal, mereka hanya berkutat dihalaman feed tanpa mengambil video atau foto.

Salah satu diantara mereka lantas mengeluhkan kejadian tersebut di media sosial Twitter. Lewat cuitannya, pengguna bernama @KevDoy mengatakan, "sedang asik menggunakan Instagram, indikator kamera dan microfon tiba-tiba menyala, lalu panel kontrol mengeluarkan aplikasi di belakangnya."

Baca Juga:

Instagram Siapkan Halaman Baru Khusus Fitus Stories

Menanggapi kejadian itu, juru bicara Instagram memberikan klarifikasi. Ia menyebut kejadian ini disebabkan oleh bug dan sedang dalam penanganan. Ia juga menegaskan tidak ada aktivitas spionase karena Instagram hanya mengakses kamera jika diizinkan.

Baca Juga:

Daftar Media Sosial Terpopuler Indonesia, TikTok Termasuk?

"Kami menemukan masalah ini dan sedang memperbaiki bug di iOS 14 Beta yang secara keliru menunjukkan bahwa beberapa orang menggunakan kamera ketika mereka tidak melakukannya. Untuk diingat, kami hanya mengakses kamera Anda ketika Anda memberi tahu kami," ujarnya.

Kejadian ini sebenarnya bukanlah yang pertama terjadi di mode beta iOS 14. Sebelumnya, pengguna TikTok, LinkedIn, dan Reddit di sistem operasi ini juga pernah mendapat notifikasi serupa yang membuat aplikasi-aplikasi tersebut tertuduh melakukan hal-hal ilegal.

SHARE:

Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

Startup Energi Terbarukan Xurya Lolos Sertifikasi B Corp