email-subscribe search-bar

Copyright 2023 Technologue ID. All rights reserved.

News Latest News Headline Apps

Instagram Membuka Peluang Baru dengan Iklan di Hasil Pencarian

byErry Ike Setiawan - editorChoiru Rizkia May 26, 2023

Technologue.id, Jakarta - Dalam perkembangan terbaru, Instagram telah mengumumkan bahwa mereka kini memperbolehkan iklan ditampilkan di hasil pencarian melalui Instagram Marketing API.

Iklan ini akan muncul di umpan orang saat mereka mengklik pos yang muncul dari hasil pencarian. Uji coba iklan di hasil pencarian ini dilakukan oleh Instagram pada bulan Maret dengan tujuan untuk menjangkau orang-orang yang sedang aktif mencari bisnis, produk, dan konten tertentu.

Peluncuran penempatan iklan ini kemungkinan akan menjadi tambahan yang tidak diinginkan bagi pengguna dari perspektif konsumen, karena iklan akan muncul di bagian lain dari jejaring sosial yang biasanya tidak digunakan untuk keperluan periklanan.

Baca Juga:
Lebih Seru, Instagram Bisa Kirim GIF di Kolom Komentar

Namun, dengan adanya perubahan ini, pengguna akan mulai melihat iklan yang relevan dengan pencarian yang mereka lakukan. Misalnya, jika seseorang mencari "Perawatan Kulit", iklan-iklan terkait akan muncul dalam hasil pencarian mereka.

Pengguna dapat dengan mudah membedakan antara iklan dan postingan biasa dengan melihat label "Bersponsor" yang terletak di bawah nama akun yang memposting iklan tersebut.

Penempatan iklan baru ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Meta, perusahaan induk Instagram, dalam mendapatkan pendapatan, terutama di saat perusahaan menghadapi permintaan iklan yang menurun.

Setelah mengalami penurunan penjualan iklan selama tiga kuartal berturut-turut, pendapatan iklan perusahaan ini akhirnya meningkat sekitar 4,1% pada kuartal pertama tahun 2023.

Menanggapi penurunan pendapatan yang dialami pada kuartal kedua tahun 2022, Meta melakukan perbaikan dengan mengoptimalkan iklan-iklan di Instagram.

Perusahaan ini meluncurkan dua slot iklan baru, yaitu format iklan baru untuk Facebook Reels dan juga memperbolehkan pengiklan untuk menjalankan iklan di halaman "Beranda Jelajahi" dan umpan profil pengguna.

Baca Juga:
Akhirnya! Instagram Update Slot Tambahan Tautan Untuk Fitur ‘Link Di Bio’

Selain mengumumkan iklan di hasil pencarian, Instagram juga meluncurkan fitur baru yang disebut "Iklan Pengingat".

Fitur ini dirancang untuk membantu bisnis mengumumkan, mengingatkan, dan memberitahu orang-orang tentang acara atau peluncuran mendatang yang mungkin menarik bagi mereka.

Ide di balik Iklan Pengingat ini adalah untuk membantu pengiklan membangun kesadaran dan antisipasi terkait acara yang akan datang.

Pengguna dapat memilih untuk mendapatkan pengingat dan menerima tiga notifikasi dari Instagram: satu hari sebelum acara atau peluncuran, 15 menit sebelumnya, dan saat acara atau peluncuran tersebut berlangsung.

Dengan adanya pembukaan baru ini, diharapkan Instagram dapat terus menyediakan pengalaman pengguna yang baik sambil memberikan kesempatan bagi pengiklan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

#Instagram #Iklan #Marketing #HasilPencarian #IklanInstagram

Baca Juga