Technologue.id, Jakarta – Instagram mengumumkan pembaruan kebijakan mengenai mekanisme penonaktifan akun. Update ini akan membantu Instagram untuk dengan cepat mendeteksi dan menghapus akun yang telah berulang kali melanggar kebijakan Instagram.

Jejaring sosial berbagi foto dan video itu akan menonaktifkan sebuah akun setelah akun tersebut membuat postingan yang melanggar kebijakan Instagram berdasarkan sebuah batas persentase tertentu. Bila mencapai batas, tanpa ampun Instagram bakal langsung menghapus akun tersebut.

Baca Juga:
Berantas Bullying, Instagram Peringatkan Hal Ini Sebelum Post

Selain menghapus akun yang telah memposting konten berisi pelanggaran hingga batas persentase tertentu, kebijakan baru Instagram juga akan menghapus akun yang melakukan sejumlah pelanggaran dalam jangka waktu tertentu.

Sama halnya dengan bagaimana kebijakan mekanisme penonaktifan akun yang diterapkan di Facebook, pembaruan ini akan membantu Instagram untuk menegakkan kebijakan terkait penonaktifan akun secara lebih konsisten dan mendorong setiap pengguna untuk bertanggung jawab atas konten yang mereka posting di Instagram.

Sebelum eksekusi, Instagram akan mengirim notifikasi baru yang dapat membantu pengguna lebih sadar apabila akun mereka berisiko dinonaktifkan.

Melalui notifikasi ini, Instagram akan memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mengajukan banding atas konten yang dihapus.

“Sebagai permulaan, kesempatan banding berlaku untuk konten yang memuat pelanggaran berupa ketelanjangan dan pornografi, perundungan dan pelecehan, ujaran kebencian, penjualan narkoba, dan terorisme. Namun, kami akan memperluas kesempatan banding dalam beberapa bulan ke depan,” bunyi keterangan dari Instagram.

Baca Juga:
Cara Memulihkan Akun Instagram yang Telah Diretas

Jika sebuah postingan dihapus karena adanya kekeliruan, Instagram akan mengembalikan postingan tersebut dan menghapus catatan pelanggaran yang dilakukan dari akun tersebut.

Anak perusahaan Facebook itu selalu memberikan opsi bagi pengguna untuk mengajukan banding atas akun yang dinonaktifkan melalui Pusat Bantuan. Dalam beberapa bulan mendatang, Instagram akan menghadirkan kemampuan untuk melakukan banding secara langsung dari Instagram.