Technologue.id, Jakarta – Komputer berukuran mini yang bisa dikostumisasi atau yang disebut dengan single board computer memiliki ceruk pasar yang jauh lebih sedikit dibandingkan komputer konvensional. Meski begitu, ada sejumlah produsen yang terbilang sukses di industri tersebut seperti Arduino dan Raspberry Pi, namun tidak bagi Intel.

Mengutip dari NextPowerUp (21/06/17), Intel dilaporkan sudah tak lagi ingin meneruskan bisnis di industri single board computer. Hal ini ditunjukkan dengan batalnya peluncuran developer kit dari Recon Jet, proyek kacamata pintar buatan Intel.

Dikarenakan tak jadinya Recon Jet diluncurkan, otomatis akan sejumlah lini produk single board buatan Intel seperti Edison, Joule, dan Galileo pun tak lagi turut dikembangkan. Pasalnya, ketiganya adalah komponen utama dari Recon Jet.

Tak cukup sampai situ, akhir tahun 2017 nanti, Intel juga berencana untuk menghentikan pendistribusian perangkat Edison, Joule, maupun Galileo.

Diketahui, Intel Galileo sendiri diposisikan sebagai kompetitor Raspberry Pi. Sementara Edison memiliki ukuran yang lebih kecil dari Galileo, hanya sebesar memory card SD.

Berbeda dengan dua varian lainnya, Joule dirancang dengan spesifikasi hardware yang paling tinggi. Awalnya, produk ini rencananya dikembangkan untuk bisa dimanfaatkan sebagai perangkat yang powerful namun ukurannya sangat kecil.

 

Baca juga:

Seberapa Canggih Prosesor 18-Core dari Intel?

Pakai Artificial Intelligence, Begini Cara Facebook Berantas Terorisme

HP dan Intel Ingin Ciptakan Speaker Pintar Berbasis Cortana