Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Intip Kesiapan Operator Seluler Hadapi Lonjakan Trafik Mudik Lebaran 2024
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Puncak arus mudik lebaran di tahun ini semakin dekat. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2024 terjadi pada 5-7 April 2024.

Guna menghadapi lonjakan trafik saat mudik ini, operator telekomunikasi telah menyiapkan langkah-langkan antisipasi. Berikut ini kesiapan yang dilakukan operator untuk mengantisipasi kenaikan trafik layanan telekomunikasi.

XL Axiata
XL Axiata memperkirakan trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10% - 20% dibandingkan hari biasa. XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan di semua jalur utama pulang kampung dan liburan yang berada di berbagai daerah, termasuk di sepanjang Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. Sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik dan wisata akan menjadi perhatian khusus, terutama di Pulau Jawa.

"Saat ini, di hari normal biasa, sebenarnya jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2 – 3 kali lipat dari hari normal," imbuh Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

XL Axiata juga menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan. Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 94 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.

Baca Juga:
Pantau Jaringan Sinyal Telkomsel, Indosat, dan XL di Destinasi Wisata di Surabaya

Prev Next Page 1 of 3
SHARE:

Masalah Fuel Pump, Ratusan Suzuki Jimny 3-Door Kena Recall di Indonesia

Game Ghost of Tsushima Director's Cut Akan Hadir di Platform PC