iOS 14.5 Dirilis, Ini Fitur Barunya

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Apple akhirnya merilis iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 ke publik setelah periode pengujian beta yang berlarut-larut.

Pembaruan iOS 14.5 memperkenalkan banyak fitur dan perubahan baru. Diantaranya kemampuan untuk membuka kunci iPhone Anda dengan Apple Watch, dukungan AirTags, dukungan AirPlay untuk Fitness+, dan fitur App Tracking Transparency yang telah lama ditunggu.

Dilansir dari MacRumors (26/4/2021), iOS 14.5 merupakan pembaruan terbesar yang Apple berikan sejak iOS dan iPadOS 14 dirilis.

Baca Juga:
iOS 15 dan iPadOS 15 Segera Hadir, Ini Fitur Barunya

Berikut fitur-fitur utama baru dari update iOS 14.5:

Membuka Kunci Layar iPhone Dengan Apple Watch Saat Mengenakan Masker

Dengan iOS 14.5 dan watchOS 7.4 (telah tersedia untuk Apple Watch), Apple mempermudah membuka kunci layar iPhone saat Anda mengenakan masker.

Fitur “Unlock with Apple Watch” memungkinkan Apple Watch sebagai metode autentikasi sekunder saat Face ID di iPhone tidak dapat mendeteksi seluruh wajah Anda karena penutup wajah.

Hal ini sangat mempermudah mengakses iPhone meski sedang mengenakan masker di luar rumah. Anda tidak perlu melepas masker atau memasukkan Passcode untuk membuka kunci ‌iPhone‌ Anda saat fitur tersebut diaktifkan.

Untuk menjalankan fitur ini, pastikan ‌iPhone‌ sudah mengusung iOS 14.5 dan Apple Watch yang menjalankan watchOS 7.4. Kemudian aktifkan “Unlock with Apple Watch” di aplikasi Settings dengan membuka Face ID & Passcode.

Jika Anda mengkhawatirkan soal keamanan, Apple memiliki beberapa fungsi security bawaan yang terkenal ketat. Namun Anda perlu memastikan Apple Watch ada di pergelangan tangan Anda dan diautentikasi agar proses membuka kunci berfungsi. Saat pertama kali Anda menggunakannya, Anda harus memasukkan kode sandi. Jika Anda melepas jam tangan dan terkunci, Anda perlu memasukkan kode sandi lagi.

Meskipun Apple Watch yang tidak terkunci dapat digunakan bersama Face ID untuk membuka kunci ‌iPhone‌ tanpa kode sandi, Apple Watch tidak dapat digunakan untuk mengautentikasi pembelian Apple Pay atau App Store, atau mengabaikan kunci Face ID di aplikasi. Langkah ini masih memerlukan pemindaian Face ID lengkap atau kode sandi.

Dukungan AirTags

Update iOS 14.5 memperkenalkan dukungan untuk AirTags Apple yang baru dirilis agar mudah dilacak dalam aplikasi Find My iPhone. Di iPhone 11 dan iPhone 12, terdapat fitur Precision Finding yang memanfaatkan chip U1 untuk memberikan tampilan visual, audio, dan haptik untuk memandu Anda ke barang yang hilang.

Selain itu, AirTags‌ juga dapat dilacak melalui suara, dan dapat ditemukan melalui jaringan ‌Find My‌ dengan memanfaatkan iPhone, iPad, dan Mac orang yang berada di dekat barang yang hilang.

Baca Juga:
Apple Rilis iOs 14.4.2, Tambal Celah Keamanan di Safari

Apple Maps Crowdsourcing untuk Kecelakaan, Bahaya, dan Pemeriksaan Kecepatan

iOS 14.5 menyertakan fitur crowdsourcing seperti Waze untuk melaporkan kecelakaan, bahaya, dan pemeriksaan kecepatan di sepanjang rute di Maps saat mendapatkan petunjuk arah.

Ada tombol “Report” baru yang tersedia di aplikasi Apple Maps yang memungkinkan Anda mengetuk untuk melaporkan kecelakaan, bahaya, atau alat pengukur kecepatan di lokasi Anda di aplikasi ‌Apple Maps‌. Ini merupakan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi pemetaan Waze, namun kini telah tersedia langsung di ‌iPhone‌ dan di CarPlay.

Sementara itu, tombol info di pojok kanan atas aplikasi Maps memungkinkan Anda “Report an Issue”, untuk melaporkan kecelakaan, bahaya, atau pemeriksaan kecepatan. Saat mendapatkan petunjuk arah, ada juga tombol laporan akses yang mudah untuk berbagi masalah.

Informasi crowdsourced yang disediakan oleh pengguna ‌Apple Maps‌ akan ditampilkan di aplikasi ‌Apple Maps‌, menawarkan pemberitahuan sebelumnya tentang kecelakaan dan bahaya yang perlu dihindari.

ETA untuk Petunjuk Arah Jalan Kaki / Bersepeda

Saat mendapatkan petunjuk arah untuk rute berjalan atau bersepeda, sekarang ada opsi untuk mengirim Perkiraan Waktu Tiba (Estimated Time of Arrival) kepada seseorang melalui aplikasi Pesan. Ini dapat dilakukan dengan mengetuk rute di bagian bawah layar atau melalui permintaan Siri.

Dukungan Dual-SIM 5G

iOS 14.5 menyertakan fitur yang telah lama ditunggu-tunggu bagi mereka yang memanfaatkan fungsi Dual-SIM ‌iPhone‌. Ini memperkenalkan dukungan global untuk 5G dalam mode Dual-SIM pada model ‌iPhone 12‌.

AirPlay 2 untuk Fitness+

iOS 14.5, iPadOS 14.5, dan watchOS 7.4 mengaktifkan dukungan AirPlay 2 untuk Apple Fitness+. Dengan fitur ini, pelanggan Apple Fitness+ dapat menayangkan latihan mereka ke Smart TV atau dekoder berkemampuan ‌AirPlay‌ 2 yang kompatibel.

Latihan dapat ditampilkan di layar yang lebih besar dengan fitur ini, tetapi sayangnya, metrik Apple Watch tidak dapat ditampilkan di TV. Misalnya informasi mengenai sisa waktu latihan dan kalori yang terbakar tidak akan muncul di perangkat TV, karena hanya bisa dilihat di ‌iPhone‌ atau ‌iPad‌ yang terhubung.

Dukungan Controller yang lebih luas

Dengan iOS dan iPadOS 14.5, Anda sekarang dapat menggunakan controller PlayStation 5 DualSense dan Xbox Series X terbaru dengan ‌iPhone‌ dan ‌iPad‌. Controller baru juga tersambung ke Apple TV dengan pembaruan tvOS 14.5.

App Tracking Transparency

Dengan dirilisnya iOS 14.5, para developer sekarang diharuskan untuk meminta dan menerima izin Anda sebelum aplikasi mengakses advertising tracker, yang digunakan untuk melacak aktivitas Anda di seluruh aplikasi dan situs web.

Suara Siri Baru

Ada dua suara ‌Siri‌ bahasa Inggris baru di iOS 14.5, dan secara default, ‌Siri‌ tidak lagi memiliki suara wanita. Pengguna dapat memilih suara ‌Siri‌ yang disukai saat penyetelan.

Setelah meningkatkan ke iOS 14.5, bagian “‌‌Siri‌‌ & Search” dari aplikasi Settings memiliki opsi “‌‌Siri‌‌ Voice” yang ditingkatkan. Label “Aksen” telah diubah menjadi “Variasi”, dan tidak ada lagi pilihan “Gende” karena penambahan suara ekstra.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories