Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
iOS 17 Bakal Longgar Izinkan Pengguna Unduh Aplikasi Lintas OS?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Baru-baru ini, tersiar rumor bahwa Apple akan membuka pintu bagi toko aplikasi lain di iPhone.

Selama ini, satu-satunya sistem distribusi aplikasi di iPhone hanya melalui Apple App Store dan pengguna tidak bisa mengunduh aplikasi dari sumber lain. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple mungkin akan membuka  beberapa pintunya untuk memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi dari sumber lain di iPhone dalam waktu dekat.

Baca Juga:
Apple Mungkin Akan Mengizinkan Sideload Aplikasi di iPhone dengan iOS 17

Dilansir dari Bloomberg, Apple akan membangun dasar untuk fitur tersebut di iOS 17. Reporter Bloomberg, Mark Gurman, melaporkan bahwa Apple disinyalir sedang melakukan perombakan software untuk memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi dari sumber lain, dan kemungkinan besar akan mengumumkan hal ini pada Worldwide Developer Conference (WWDC) yang dihelat pada bulan Juni nanti.

Tahun lalu, Bloomberg sempat mengabarkan adanya kemungkinan soal pendekatan baru Apple terhadap toko aplikasi lain, sebagai akibat dari perubahan regulasi di Eropa Digital Market Act (DMA) Uni Eropa yang akan mulai berlaku mulai tahun 2024.

Undang-undang dari DMA menuntut perusahaan teknologi besar untuk mengizinkan alternatif toko aplikasi di platform mereka, sehingga para developer dapat memiliki pilihan dalam mendistribusikan aplikasi mereka dan pengguna juga dapat mengunduh aplikasi dari berbagai sumber.

Masih belum jelas apakah Apple berencana mengizinkan pengunduhan aplikasi dari sumber lain dengan iOS 17 atau apakah Apple hanya melakukan beberapa perubahan pada tingkat sistem operasi untuk memungkinkan kemungkinan ini di masa mendatang. Secara historis, para eksekutif Apple termasuk Tim Cook dan Craig Federighi telah bersikeras menolak sideloading dengan alasan privasi dan keamanan.

Baca Juga:
Perbarui Aplikasi Spotify di iOS 16 dan Nikmati Fungsi Widget Baru

Meskipun begitu, masih belum jelas apakah Apple berencana mengizinkan hadirnya toko aplikasi lain di iOS 17 atau hanya melakukan perubahan pada level sistem operasi untuk memungkinkan fitur tersebut di masa yang akan datang. Mengingat selama ini, para eksekutif Apple termasuk Tim Cook dan Craig Federighi, telah bersikeras menentang pengunduhan aplikasi dari sumber lain di perangkat mereka dengan alasan keamanan dan privasi.

SHARE:

Wamenkominfo Jamin Kebebasan Pers Lewat Regulasi Publisher Rights

Manfaatkan AI, Adobe Kembangkan Teknologi Ubah Teks Menjadi Musik