iPhone 8 Bakal Adopsi Sistem 3D Laser, Apa Gunanya?

0
18
Bocoran iPhone 8 (source: GSMArena)

Technologue.id, Jakarta – Belakangan, beragam sekali rumor yang mencatut nama iPhone 8 atau calon iPhone generasi terbaru. Ada yang menyebut iPhone 8 akan mengusung bodi seperti cermin yang membuatnya mampu memantulkan objek dan cahaya yang ada di depannya, ada juga yang bilang kalau iPhone 8 bakalan mengusung fitur wireless charging, pertama kali di seri iPhone.

Lucunya, rumor-rumor tersebut juga dibarengi dengan isu kalau Apple tak jadi merilis iPhone 8 tahun ini. Namun jangan khawatir atau gembira berlebih; bocoran-bocoran seperti ini memang tak resmi, tetapi mengonsumsinya sedikit banyak menimbulkan kenikmatan tersendiri.

Yang terbaru, melansir MacRumors (12/07/17), raksasa Cupertino itu disebut sedang menyiapkan 3D laser system untuk kamera belakang iPhone 8. Tujuannya untuk meningkatkan kedalaman foto, membuat autofocus lebih akurat, hingga dapat dimanfaatkan untuk aplikasi berbasis augmented reality (AR).

Satu kegunaan sistem tersebut yang cukup menarik perhatian adalah dukungan yang lebih baik ke hardware AR. Kelihatannya, Apple tak ingin ketinggalan dengan Google yang sudah coba menawarkan dan memasarkan Daydream VR ke produsen Android. Apple sendiri sudah menyiapkan ARKit di iOS 11 yang bisa dioptimalkan para developer iOS untuk iPhone maupun iPad.

Secara sederhana, iPhone 8 isunya akan memakai sistem VCSEL (vertical-cavity surface-emitting laser). Kehadiran fitur ini sebenarnya sudah diendus oleh para analis. Kalau Tim Cook cs berpikiran sama, maka sekaranglah waktu yang tepat bagi iPhone.

 

Baca juga:

Sebuah Video Menunjukan Wujud dari iPhone 8

Spesifikasi iPhone 8 Mulai Bocor

iPhone 8 Siap “Cerai” dengan Kabel

loading...