Technologue.id, Jakarta – Entah apa yang terjadi sebenarnya, tetapi belakangan memang kabar ponsel meledak amat booming. Selain brand setenar Samsung yang paling dikenal lewat kasus Galaxy Note 7-nya, Apple pun mengalami problem serupa. Setidaknya, ada lebih dari tiga kejadian yang redaksi dengar sedari 2016.

Awal tahun ini, kasus yang sama kembali terjadi. Menukil PhoneRadar.com (11/01/2018), ada sebuah iPhone yang meledak di Zurich, Swiss. Namun, perangkat tersebut tak berapi ketika dalam penguasaan user, melainkan saat sedang diperbaiki oleh pegawai Apple Store.

Baca juga:

Sudahkah iPhone Anda Diperlambat Oleh Apple? Ketahui dengan Cara Ini

- Advertisement -

Ledakan mendadak itu dilaporkan sempat memicu kepanikan, sehingga pelanggan dan staff harus dievakuasi dari area kejadian. Ada tujuh customer di dalam toko yang harus menerima penanganan medis. Pegawai yang tengah memperbaiki iPhone yang meledak itu pun mengalami luka bakar di tangannya.

Untuk saat ini, pihak kepolisian Zurich tengah mendalami penyebab dari insiden ini. Belum ada pernyataan resmi dari official maupun dari Apple soal ini, termasuk tipe iPhone yang meledak.

Baca juga:

Setelah Samsung Note 7, Giliran iPhone 8 Plus Ikutan Meledak

Sekadar informasi, kasus iPhone bermasalah di tahun lalu terdengar tak hanya sekali. Di bulan Februari 2017, misalnya, seorang wanita pemilik iPhone 7 Plus “curhat” pada netizen lewat akun pribadinya, kalau smartphone-nya mengeluarkan asap dan meledak hingga merusak casing belakangnya.

Ada juga kejadian lain pada Oktober 2017, di mana iPhone 8 Plus yang baru dibeli beberapa hari meledak saat diisi baterainya.Efek dari ledakan itu membuat bodi iPhone 8 Plus tersebut hancur dan modul layar yang terpasang pun terangkat keluar karena tak mampu meredam ledakan pada baterainya.

Baca juga:

Santer Terdengar, iPhone SE Rilis Lagi Tahun 2018

Akankah insiden semacam ini ramai terulang kembali di tahun ini dan dipicu (lagi-lagi) oleh smartphone-smartphone bikinan vendor ternama? Prediksi Anda?