Technologue.id, Jakarta – Kenal Jack Ma? Satu dari sedikit orang terkaya di China ini merupakan founder Alibaba Group, perusahaan e-commerce raksasa dari Asia. Ia juga telah didapuk sebagai penasihat e-commerce Indonesia sejak tahun 2016.

Belum lama ini, Jack Ma disebut oleh media asal Tiongkok, People’s Daily, sebagai anggota Communist Party of China (CPC) alias Partai Komunis Tiongkok. Mengutip BusinessInsider.com (27/11/2018), Jack Ma masuk ke daftar 100 orang yang diapresiasi oleh People’s Daily atas dasar kontribusinya terhadap perekonomian Tiongkok.

Baca juga:

Jack Ma Janji Bangun Sekolah bagi Technopreneurship di Indonesia

Media tersebut mendeskripsikan Jack Ma sebagai “anggota CPC”, di samping capaiannya membesarkan Alibaba yang telah menjadi satu dari 10 perusahaan global dengan market value tertinggi dan membuat China dikenal sebagai pemain besar di industri e-commerce internasional.

- Advertisement -

Baca juga:

Sudah Pasti, Jack Ma Tinggalkan Alibaba Tahun Depan

Spekulasi hubungan Ma dengan pemerintah China ini telah lama beredar, tetapi ia acapkali menjaga jarak dalam komentar-komentar yang dilontarkannya pada publik. Salah satu rumor yang sering terdengar adalah kesuksesan Alibaba di tingkat global karena dukungan oleh pemerintah China.

Baca juga:

Alibaba Garap Chip AI Sendiri, Siap Beredar Tahun Depan

Selain Jack Ma, People’s Daily juga memasukkan dua tokoh penting di industri teknologi dan digital China. Mereka adalah Robin Li, CEO Baidu, dan Pony Ma, chairman Tencent. Tak seperti Jack Ma, keduanya disebut sebagai “non-partisan” CPC.