Technologue.id, Jakarta – Cukup lama setelah dirumorkan bakal memiliki fitur unsend message, akhirnya Facebook Messenger kebagian fitur ini juga. Fitur yang secara resmi dinamai “Remove for Everyone” ini memungkinkan pengguna untuk menarik kembali chat atau pesan yang dikirimkannya, karena mungkin ada kesalahan ketik atau salah kirim ini. Asalkan masih belum lebih dari 10 menit, chat Anda di Messenger bisa dibatalkan.

Baca juga:

Konten Negatif di Facebook Terus Bertumbuh

Melansir TechCrunch.com (14/11/2018), Facebook disebut terlambat menghadirkan fitur unsend message ini karena permasalah server. Namun tujuh bulan kemudian, akhirnya fitur ini mulai digulirkan juga secara bertahap.

Walau terlambat, Facebook telah menyiapkan pula perlindungan agar fitur ini tidak dimanfaatkan untuk melakukan perundungan (bullying) atau mengganggu pengguna lainnya sesuka hati lalu menghapus “buktinya” begitu saja. Apabila kebetulan Anda menerima pesan teks, video, atau gambar yang tak pantas dari orang lain kemudian si pengirim meng-unsend pesan tersebut, Anda tetap bisa melacak jejak digital mereka.

- Advertisement -

Baca juga:

Lasso, Aplikasi Saingan TikTok Buatan Facebook

Jangan Asal Hapus Pesan, Facebook Messenger Bisa Lacak Jejak Digital Anda
Fitur Remove for Everyone di Facebook Messenger (source: TechCrunch)

Caranya, sentuh saja nama pengirim tersebut. Kemudian, tap opsi Something’s Wrong dan pilih kategori yang cocok untuk melaporkan pesan dari yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan karena sejatinya, pesan yang dihapus masih tersimpan di server Facebook selama beberapa saat.

Baca juga:

Dua Wanita Lokal Sabet Facebook Community Leadership Program

Sebagai gambaran, fitur unsend ini pertama kali terendus kehadirannya April lalu. Adalah Mark Zuckerberg yang mencobanya dengan diam-diam menghapus pesan yang pernah dikirimnya ke beberapa orang.