Technologue.id, Jakarta – Anda sudah melewati era smartphone dual-camera maupun bezel-less. Kini, bersiaplah untuk menyongsong tren baru: keamanan biometrik yang lebih canggih.

Ketika vendor-vendor ponsel pintar memilih untuk menghadirkan produk dengan layar sentuh yang lebih luas, tombol home fisik pun tergantikan. Sementara sensor pemindai sidik jari yang ditanamkan di dalamnya pun tergeser ke belakang. Nah, 2018 bisa jadi bakal jadi era ketika fingerprint scanner ditanamkan di dalam layar.

Baca juga:

Samsung Akan Tingkatkan Kualitas Iris Recognition Galaxy S9

- Advertisement -

Engadget (12/12/2017) menuliskan kalau Synaptics punya prediksi terkait OEM yang akan memamerkan ponsel dengan sensor yang mereka sebut dengan Clear ID itu. Januari 2018 nanti di CES, diyakini Vivo, Oppo, atau vendor Tiongkok lain seperti Huawei dan Xiaomi bakalan menyajikan produk tersebut.

Munculnya nama Vivo di daftar tersebut tidaklah mengherankan. Juni lalu, Vivo sudah terendus bakal menyediakan gawai dengan sensor pemindai sidik jari di dalam layar. Perusahaan yang masih punya “hubungan darah” dengan Oppo itu pun kemungkinan besar bakal melangkahi penguasa Android, Samsung, maupun Apple dalam menghadirkan teknologi ini.

Baca juga:

Apple Launching iPhone X Versi Murah Tahun Depan?

Adopsi vital sistem kemanan Clear ID ini mungkin baru akan terjadi secara berangsur-angsur. Bisa jadi lebih lambat daripada yang Anda perkirakan, karena sebagian besar produsen smartphone masih punya “pekerjaan rumah” untuk menyamai iris dan face recognition persembahan Samsung serta Face ID dari iPhone X.

Baca juga:

Mengintip Kehebatan Laptop Rp23 Jutaan Lenovo Yoga 920

Prediksi Anda, apakah Vivo dan brand smartphone yang disebut di atas benar-benar akan memamerkan ponsel baru dengan Clear ID bulan depan?