Technologue.id, Jakarta – Tensi Samsung dan Apple sebagai dua vendor teratas di klasemen industri smartphone global kembali memanas. Setelah Phil Schiller, petinggi Apple, mengklaim bahwa Face ID karya perusahaannya lebih canggih daripada iris (dan face) recogniton produsen Android, muncul kabar bahwa Samsung bakal memperkuat teknologi keamanan biometrik itu pada Galaxy S9.

Seorang narasumber terpercaya mengaku pada KoreaHerald (11/12/2017) bahwa iris scanner Galaxy S9 akan ditingkatkan lensa kamera dan fungsinya. Tak lain dan tak bukan, gunanya adalah untuk memindai mata user lebih baik dan cepat.

Baca juga:

Samsung Galaxy A8 Plus (2018) Bakal Mirip Flagship!

“Lensa iris camera akan ditingkatkan dari 2MP di Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 menjadi 3MP untuk meng-capture gambar yang lebih jelas. Scanner pun bisa lebih cekatan mengenali iris mata user, walaupun mereka menggunakan kaca mata, menggerakkan bola matanya, atau berada di kondisi yang terlalu gerap atau terlalu terang,” jelas narasumber yang identitasnya dirahasiakan itu.

Baca juga:

Selain Samsung, Ini Brand Elektronik Top Buruan Netizen Indonesia

Vendor asal Negeri Ginseng itu kabarnya segera meng-improve pula software iris recogniton dan sistem pengamanannya. Di samping keunggulan yang tersebut di atas, respons pemindaian juga disebut bakal lebih cepat. Jika pada duo flagship sebelumnya iris scanning berlangsung sekitar satu detik (secara teori), maka Galaxy S9 bisa lebih cepat dari itu.

Baca juga:

Samsung: Pengguna iPhone Enggak “Dewasa”!

Selain untuk Galaxy S9, isunya Samsung berminat menghadirkan iris scanner untuk ponsel kelas menengah. Sebab, visi perusahaan kompatriot LG itu adalah ingin merevolusi mobile banking dengan mobile wallet-nya, Samsung Pay.