Technologue.id, Jakarta – Di konferensi developer Facebook tahunan kali ini, alias F8 2018, Mark Zuckerberg mengumumkan beragam hal baru nan menarik. Salah satunya adalah rencana hadirnya fitur kencan di dalam media sosial terpopuler sejagat itu.

Zuck, sang CEO, menjelaskan kalau fitur ini akan banyak membantu netizen memiliki hubungan jangka panjang yang serius, bukan sekadar pacaran apalagi kencan sesaat. Ia menilai fitur ini amat potensial karena ada 200 juta orang di Facebook yang menyatakan bahwa dirinya adalah seorang jomlo. Selain itu, Zuck mengklaim kalau satu dari tiga pernikahan yang terjadi di Amerika Serikat dimulai dari dunia maya.

Baca juga:

“Kambing Hitam” Skandal Facebook Siap Tuntut Balik Mark Zuckerberg cs

- Advertisement -

“Kami telah mendesain fitur ini dengan amat mempertimbangkan privasi dan keamanan sedari awal. Teman-teman Anda tak bakal bisa melihat profil Anda dan Anda hanya akan disarankan ke orang-orang yang bukan teman Anda,” katanya.

Fitur Dating ini bakal berada di dalam aplikasi bawaan Facebook. Walau begitu, sifatnya opsional alias Anda bisa tak mengaktifkannya jika merasa tak memerlukannya.

Baca juga:

Facebook Bisa Rekam Pembicaraan Telepon Anda? Ini Respons Zuckerberg

Jomlo Wajib Tahu, Facebook Hadirkan Fitur Cari Jodoh
Chris Cox, Chief Product Officer Facebook, menjelaskan tentang Facebook Dating (source: Facebook)

Tampilannya sekilas mirip dengan aplikasi kencan macam Tinder, dengan foto profil ukuran besar, secuil profil singkat, plus pekerjaan yang dicantumkan oleh yang bersangkutan. Yang membedakan Facebook Dating dengan Tinder adalah Facebook Dating lebih fokus ke komunitas dan terintegrasi dengan event dan grup di mana Anda menjadi bagiannya. Semua interaksi dalam Dating akan masuk ke pesan pribadi. Namun fitur ini dipastikan tidak terkoneksi dengan platform milik Facebook Inc. lainnya, macam WhatsApp atau Messenger.

Baca juga:

Kemkominfo: Ini Kuis dan Personality Test di Facebook yang Berbahaya

Pengumuman lebih lanjut terkait fitur ini dijanjikan ada dalam beberapa bulan ke depan. Siapa yang sudah tak sabar mencobanya?