Kamera Mirrorles Retro Nikon Mirip FM2

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Nikon merancang kamera mirrorless baru seri Z yang bergaya retro. Diberi nama Nikon Z FC, kamera ini memiliki tampilan unik yang mengingatkan kita pada Nikon FM2, SLR Nikon keluaran tahun 80an.

Dilansir dari The Verge (29/6/2021), dari segi desain Nikon Z FC ini benar-benar terlihat retro, karena dibekali tombol putar untuk shutter speed, exposure compensation dan ISO. Bahkan tersemat pula logo Nikon yang membawa kesan vintage.

Nikon mengatakan bahwa arti dari huruf F dan C dalam penamaan Z FC adalah singkatan dari ‘Fusion’ dan ‘Casually’ yang mengacu pada model simbolis dari merek kamera.

Baca Juga:
Sayonara! Nikon Pamit dari Indonesia

Sebelum ini, produsen kamera asal Jepang itu pernah menampilkannya pada Nikon DF, kamera DSLR full frame yang mereka rilis pada 2013. Namun dibandingkan Z FC, bodi DF jauh lebih besar dibanding FM2.

Masih dari sisi tampilan, Z FC menggunakan sensor APS-C 20,9 MP punya bodi yang lebih kecil karena tak membutuhkan cermin dan prisma layaknya kamera SLR dan DSLR. Alhasil bodinya lebih mungil dan lebih mirip dengan FM2.

Meski dari sisi eksternal terlihat lawas, namun Z FC merupakan kamera canggih yang punya spek mirip Z50. Nikon Z FC menawarkan tiga tombol khusus untuk menyesuaikan pengaturan secara manual saat mengambil gambar dan video. Kamera ini juga dilengkapi dengan layar sentuh LCD yang bisa ‘dibuka’, EVF OLED, charging lewat port USB-C, konektivitas wireless SnapBridge, dan tentunya bisa dijadikan webcam seperti banyak kamera mirrorless Nikon sebelumnya.

Baca Juga:
Nikon Perbarui Jajaran Nikkor Z Series dengan Mounting Besar

Nikon Z FC mengusung rentang ISO 100-51.200 dan sistem autofokusnya menggunakan sistem hybrid dengan 209 titik di 87%. Meski bukan difokuskan untuk video, Z FC bisa merekam video sampai dengan resolusi 4K dengan frame rate 30fps.

Lensa yang bisa dipakai di Z FC tentunya adalah lensa dengan mounting Z, termasuk lensa full frame untuk Z6 dan Z7. Namun Nikon juga merilis lensa prime baru bersama dengan Z FC, yaitu 28mm f/2,8, yang dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan lensa Nikkor D jadul.

Banderol Z FC mulai dari harga US$959 untuk varian body only, US$ 1.100 untuk bundling dengan lensa 16-50mm, dan US$1.200 untuk bundling dengan lensa 28mm.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories