Technologue.id, Jakarta – Nikon menambah lensa ultra-wide-angle zoom terbaru di jajaran Nikkor Z series, yakni Nikkor Z 24-70mm dan Nikkor Z 14-30mm. Kedua lensa memiliki dudukan lensa (mounting) terbesar yang pernah ada, yakni berdiameter 55 mm.

Lensa ini memiliki performa optikal terunggul yang dilengkapi dengan beragam fitur penting lainnya, seperti portabilitas, operabilitas dan fleksibilitas yang kian tinggi.

Sukimin Thio, General Manager of Imaging Division, Nikon Indonesia menjelaskan, Nikkor Z 14-30mm f/4 S masuk dalam jajaran lensa keluarga S-Line dan didukung teknologi Z-mount canggih yang mampu mengoptimalkan lebar fokus saat flens pendek. Lensa ini memiliki desain yang ringkas, menjadikannya sangat praktis untuk dibawa dan digunakan kemanapun untuk kebutuhan fotografi landscape maupun cityscape.

Baca Juga:
Baru Terjun, Nikon Sesumbar Bisa Rajai Pasar Mirrorless Full-frame

- Advertisement -

“Kami berkomitmen untuk terus berinovasi, dengan menghadirkan fungsionalitas dan versatilitas pada jajaran lensa Nikon ultra-wide-angle dengan desain ringkas sebagai pelengkap Z mount. Lensa canggih dengan performa luar biasa dan gesit, tersematkan pada bodi lensa yang berdesain ringkas dan berbobot ringan, serta mekanisme yang bisa ditarik masuk (retractable),” kata Sukimin.

Dia mengungkapkan, bodi lensa dengan mekanisme yang bisa ditarik masuk (retractable) tersebut mendukung mobilitas pengguna yang tinggi, tanpa mengurangi performa fotografi optiknya yang luar biasa. Ditambah lagi, ukurannya yang mungil dan portable menjadikan pengguna dapat mengambil gambar dengan cepat.

Selain itu, operabilitasnya yang tinggi menjadi kunci keunggulan dari lensa tersebut. Belum lagi, kemampuannya dalam menyematkan tiga fungsi pada cincin kontrol untuk mendukung pengambilan gambar diam maupun video berkualitas tinggi dengan nyaman.

Baca Juga:
Kamera Mirrorless Sony A6400 Cocok Temani Nge-Vlog

Selain itu, lensa ini mampu menjangkau ultra-wide-angle secara dinamis dari 14mm hingga 30mm, dengan aperture maksimum yang konstan di bukaan f/4 untuk setiap tingkatan. Lensa ini sangat multi guna untuk mendukung pengambilan berbagai macam foto pemandangan sehingga membuat pengguna tak perlu mengganti lensa terlebih dulu.

Lensa Nikkor Z 24-70mm dan Nikkor Z 14-30mm juga telah dilengkapi dengan teknologi coating eksklusif milik Nikon, seperti Nano Crystal Coat, yang mampu menekan munculnya efek bayangan hantu (ghost effects) dan kilasan cahaya suar (flare).

Baca Juga:
Fujifilm Luncurkan Instax Square SQ20, Kamera Hybrid Bisa Ambil Photo Motion

Lensa NIKKOR Z 14-30mm f/4 S merupakan lensa format FX pertama di dunia yang mendukung perangkat filter lepasan (filter attachment) yang langsung pakai, meski dengan lebar fokus awalan yang digunakan adalah 14mm. Fitur tersebut memudahkan pengguna dalam menikmati efek-efek dari beragam filter yang berbeda-beda, seperti filter polarisasi maupun filter densitas netral, yang sebelumnya tidak memungkinkan untuk digunakan bersama lensa ultra-wide-angle konvensional.

Lensa tersebut juga mendukung perangkat filter lepasan berdiameter 82mm untuk elemen lensa depan yang hampir rata dan memiliki ukuran yang kecil. Fitur tersebut memungkinkan pengambilan gambar dalam kondisi yang sangat dinamis. Selain itu, lensa tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur tahan debu dan tetesan cairan.

Kedua lensa akan dipasarkan mulai 4 Mei 2019. Nikkor Z 14-30mm dibanderol dengan harga Rp19,9 juta, sedangkan untuk Zoom Nikkor Z 24-70mm akan dihargai sebesar Rp31,9 juta