Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kapal Selam Titan Menghilang, Alat Kemudi Berupa Game Controller Jadi Sebabnya?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Kapal selam sepanjang 6,5 meter hilang di Atlantik Utara sejak Minggu (18/6) lalu. Tim operasi OceanGate Expeditions mengatakan bahwa mereka tidak dapat berkomunikasi dengan kapal selam yang dilaporkan sedang mengunjungi lokasi bangkai kapal Titanic tersebut.

Dibalik kehilangan ini, ada pengalaman menjelajah tersendiri bagi peneliti yang bertugas. Menurut postingan akun Twitter CultureCrave, kapal selam yang memiliki nama Titan itu dikendalikan oleh pengontrol video game sederhana dari merek Logitech.

Baca Juga:
Microsoft Hentikan Produksi Game untuk Konsol Xbox One Lawas

CEO OceanGate Expeditions, Stockton Rush mengungkap, kapal selam seberat 23.000 pon itu dikemudikan oleh video game controller selama penyelaman hingga 13.000 kaki. Gamepad Logitech itu telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk mengemudikan kapal selam.

"Kami menjalankan semuanya dengan game pengontrol ini," kata Rush dikutip dari CBS News.

Kapal selam Titan berbeda dari kapal laut dalam lainnya karena merupakan satu-satunya kapal selam berpenumpang lima orang di dunia yang dapat mencapai kedalaman Titanic — sekitar 13.000 kaki atau hampir 2,5 mil di bawah permukaan laut. Saat kejadian, Stockton Rush turut berada di dalam kapal selam tersebut.

Baca Juga:
Cerita Sedih Korban Selamat Tragedi Halloween Itaewon

Steve Wright, seorang profesor teknik kedirgantaraan di University of the West of England, mengatakan beberapa pesawat dan kapal laut sebagian dikendalikan oleh perangkat yang tampak seperti pengontrol video game.

Di sisi lain, harga gamepad Logitech cuma US$ 40 atau sekitar Rp590 ribuan. Sehingga menimbulkan keraguan apakah bisa diandalkan sepenuhnya untuk mengarahkan kemudi kapal selam.

"Faktanya, saya berharap pengontrol submersible 'asli' memiliki keandalan sekitar seribu kali lipat dari handset game," tuturnya.

SHARE:

Honda Janji Bawa 5 Mobil Baru di Ajang GIIAS 2024, Salah Satunya Model Konsep

Selain Manusia, Apple Watch Juga Bisa Mendeteksi Jantung Singa