Kapan Rilis Smartphone 5G Murah, Oppo?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Smartphone 5G murah di Indonesia bakal mudah ditemui di pasaran. Vendor smartphone Oppo akan merealisasikan komitmen dalam membawa seri smartphone 5G harga terjangkau berkat kolaborasi dengan manufaktur chipset Qualcomm.

“Karena dari prosesor Qualcomm dan Oppo bekerja sama, tentunya kita akan mencoba menghadirkan seluruh lini dari prosesor Qualcomm mulai dari prosesor yang flagship sampai prosesor yang mungkin seperti seri 400 yang akhirnya bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, dalam acara Oppo 5G Academy, Kamis (4/2/2021).

Untuk seri smartphone mana dari Oppo yang bakal dibenamkan chipset entry-level berkekuatan 5G, Aryo belum mau membeberkan lebih lanjut. Waktu perilisannya pun masih ditutup rapat.

“Ditunggu saja, intinya seperti itu,” ucapnya.

Baca Juga:
Jaminan Keamanan Data Konsumen saat Implementasi Teknologi 5G

Seperti diketahui, Qualcomm semakin memperluas teknologi 5G dengan merilis chipset Snapdragon 480 5G. Hadirnya Snapdragon 480 kemungkinan akan banyak ponsel murah dengan dukungan 5G di tahun 2021.

Ini menjadi yang pertama kalinya Qualcomm masuk ke seri entry level untuk 5G. Sebelumnya perusahaan itu sudah merilis beberapa chipset dengan dukungan 5G namun untuk ponsel flagship misalnya di Snapdragon 855 dan 865.

“Peluncuran ini merupakan suatu milestone yang sangat penting. Dengan adanya Snapdragon 480, akan membuat device-device 5G, termasuk Oppo, ke arah yang lebih terjangkau,” ujar Shannedy Ong, Senior Director & Country Manager Qualcomm.

Shannedy Ong, Senior Director & Country Manager Qualcomm

Shannedy menjelaskan, perusahaan merilis seri 400 5G dalam waktu kurang dari dua tahun, setelah lebih dulu memulai memproduksi chipset seri 800 5G di tahun 2019.

“Kurang dari dua tahun, 5G ini sudah mencapai economic of scale (Skala Ekonomi). Di mana kita telah meluncurkan seri 400 5G dalam kurun waktu yang sangat singkat. Kalau dibandingkan dengan teknologi 4G, ini jauh lebih singkat. Dengan adanya Snapdragon 480 ini, kita sangat mengharapkan kolaborasi dengan Oppo mungkin ke depannya bakalan kita melihat ada device-device 5G yang lebih terjangkau,” ungkapnya.

Baca Juga:
OPPO Reno5 5G Rilis, Ini Spesifikasi dan Harganya

Snapdragon 480 didukung dengan modem Snapdragon X51 yang terintergasi untuk mendukung kerja jaringan mmWave dan sub-6GHz. Selain itu chipset ini juga menawarkan perkembangan dari pendahulunya yakni Snapdragon 460.

Qualcomm menyatakan jika chipset anyarnya memiliki kinerja dua kali lipat dari pendahulunya. CPU dan GPUnya mengalami peningkatan 70 persen untuk tugas AI.

Snapdragon 480 juga menjadi seri 400 pertama yang menggunakan proses 8nm dan mendukung Quick 4 Plus. Selain itu akan mendukung penggunaan panel FHD+ dengan 120 fps.

- Advertisement -

Latest News

Honor Kembali Gunakan Google Mobile Services

Technologue.id, Jakarta - Sejak memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok pada tahun 2020 lalu membuat Huawei dan Honor tidak bisa...

Huawei Tak Jadi Rilis Mate 50 Tahun Ini?

Technologue.id, Jakarta - Umumnya, hampir setiap tahun Huawei meluncurkan dua produk flagshipnya yakni seri P dan seri Mate. Namun tahun ini, sepertinya...

Bukalapak Bakal IPO pada Agustus 2021

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan e-commerce, Bukalapak akan melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada bulan Agustus mendatang.

Smartfren Uji Coba 5G di Frekuensi 26 GHz, Seberapa Kencang?

Technologue.id, Jakarta - Smartfren bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menguji jaringan 5G pada Kamis (17/6/2021) dengan menggunakan frekuensi 26 GHz...

Utamakan Uji Mutu, vivo Jamin Kualitas Smartphone

Technologue.id, Jakarta - Komitmen brand smartphone vivo dalam memenuhi permintaan pasar smartphone di negeri ini tidak pernah mengendur. Hal ini dibuktikan dengan...

Related Stories