Technologue.id, Jakarta – Kalau Anda cermati, belakangan perusahaan teknologi tak cuma memasok laptop atau PC dengan spesifikasi tinggi, tetapi juga membawa jeroan yang inovatif. Kerap kali, terutama di produk untuk gaming, vendor prosesor dan kartu grafis memberikan teknologi khusus untuk menjaga suhu CPU dan GPU-nya tetap rendah, sehingga overheating tidak terjadi dan performa tinggi gadget senantiasa terjaga.

Di luar Nvidia atau AMD, penjaja kartu grafis canggih kini turut dimeriahkan pula oleh Colorful Technology Company Limited. Kepada redaksi (12/07/17), perusahaan tersebut menyatakan telah meluncurkan produknya secara resmi, yakni GPU berpendingin cairan dalam seri Neptune.

Yang terkuat dari lini itu adalah iGame GTX1080Ti Neptune W. Dipamerkan di ajang Computex 2017 beberapa waktu yang lalu, produk tersebut punya basis waterblock dan pipa tembaga dengan konduktivitas termal yang ekstrem untuk membawa panas ke cairan pendingin dan kemudian mendorongnya ke radiator melalui pompa air. Piring alumunium die-cast yang terintegrasi mendinginkan sekaligus meningkatkan integritas kartu dan disipasi panas yang kuat membuat inti tetap stabil dengan suhu yang lebih rendah.

iGame GTX 1080Ti Neptune W (source: Colorful Technology Company Limited)

Sebagai tambahan, ada juga dua kipas berukuran 120mm yang bekerja optimal dengan tingkat kebisingan hampir 0 db.

iGame GTX1080Ti Neptune W sendiri diluncurkan dengan 3584 CUDA core, dan bekerja pada frekuensi base clock 1594 MHz. Sementara kecepatan GPU boost clock-nya dapat mencapai hingga 1708MHz. Untuk meningkatkan kinerjanya lebih tinggi lagi, iGame GTX1080Ti Neptune W juga dilengkapi dengan modul memori GDDR5X yang berjalan pada 11 Gbps yang membawa kinerja gaming lebih tangguh kepada para gamer.

 

Baca juga:

Harga Radeon Vega Frontier Dimulai dari Rp 13 Jutaan

Acer Pamerkan Notebook Gaming Helios 300, Kapan Peluncurannya?

Asus ROG STRIX GL553, Laptop ‘Monster’ Idaman Gamer Sejati