Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kehadiran Jaringan Otonom Tingkat Tinggi Sambut Era Kecerdasan
SHARE:

Genzone.id, Jakarta - Asosiasi industry internasional, TM Forum, menggelar Autonomous Networks Summit 2024 bertajuk 'Autonomous Networks L4 is Coming'. TM Forum mengajukan konsep jaringan otonom atau autonomous networks (AN) di 2019.

Hanya berselang empat tahun konsep ini mencapai sebuah konsensus mengenai AN hingga di bidang automasi dan kecerdasan. Sejumlah operator terkemuka bahkan telah mencapai otonomi L3 di sejumlah skenario inti. Ini menjadi penanda bahwa nilai yang dihadirkan oleh AN makin nyata.

Baca Juga:
Penjualan SSD Klien Kingston Sepanjang 2023 Berjalan Positif

“Pembaruan dari L3 ke L4 diharapkan akan mempercepat tercapainya nilai yang diharapkan. Konsensus ini diharapkan akan dapat membantu operator dalam mencapai gol strategis pada proses otonomisasi L4," ujar Yang Chaobin, Board Member and President of ICT Products & Solutions, Huawei.

Terobosan di bidang teknologi kunci merupakan fondasi bagi terbentuknya nilai yang diharapkan hadir dari proses otonomisasi L4 ini. Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa model-model fondasi telekomunikasi menjadi teknologi kunci yang mendukung pembaruan jaringan otonom, dari otonomisasi L3 ke L4.

"Huawei Telecom Foundation Model menghadirkan kopilot berbasis role dan agent berbasis skenario yang mendukung operator dalam memberdayakan karyawan, serta meningkatkan kepuasan pelanggan," tambah Yang.

Pada perhelatan tersebut, Yang juga memaparkan penawaran Net Master, satu contoh dari penerapan model fondasi. Net Master saat ini tengah digodok di O&M jaringan IP di China Mobile di provinsi Guangdong.

Net Master berupa fungsi kopilot dan agent yang membantu insinyur di lapangan maupun insinyur NOC O&M agar memiliki kinerja yang kian efisien. Dengan Net Master, 90% fault bisa terdiagnosis secara otomatis, sehingga waktu untuk menentukan titik terjadinya fault tersebut bisa dipangkas dari jam menjadi satuan menit.

Baca Juga:
Tingkatkan Efisiensi dan Keamanan Transportasi, Jakarta Didorong Menjadi Fifteen Minutes City

Yang juga menekankan bahwa operator perlu fokus dalam menyiapkan transformasi talenta dan proses, dan vendor-vendor teknologi fokus pada ekspansi inovasi pada skenario-skenario kunci yang akan mempercepat terwujudnya nilai bagi operator.

Huawei berencana untuk secara aktif memperkuat praktik-praktik terbaik di industri untuk pengembangan model-model fondasi telekomunikasi, memfasilitasi pengembangan jaringan otonom L4, dan jaringan yang makin berkualitas tinggi.

SHARE:

Harga Bitcoin Tembus Rp1 Miliar, Pemilihan Platform Kripto Jadi Langkah Krusial

Xiaomi Resmi Punya Pabrik Perakitan Mobil Listrik Sendiri