Kemendikbud Salurkan Kembali Kuota Internet Gratis 2021 buat Pelajar

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan kembali bantuan kuota internet kepada peserta didik.

Pengumuman kelanjutan program ini disiarkan melalui channel YouTube Kemendikbud, pada Senin, 2 Maret 2021.

Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menjelaskan bahwa kebijakan bantuan kuota internet yang sebelumnya telah berjalan di tahun 2020 mendapat respon yang sangat positif. Maka menindaklanjuti tanggapan yang baik dari masyarakat, Kemendikbud akan melanjutkan Kebijakan tersebut.

Baca Juga:
Telkomsel Dukung Program Bantuan Kuota Data Internet dari Kemendikbud RI untuk Kenyamanan Belajar Jarak Jauh

“Sebesar 84,7 persen responden menilai bahwa program bantuan kuota internet merupakan langkah tepat dalam menjawab krisis wabah corona. Sementara sebanyak 85,6 persen menilai bahwa program internet gratis meringankan beban orang tua peserta didik dalam membeli paket internet” ungkap Nadiem.

Tidak hanya bagi orang tua dan peserta didik, manfaat program penyaluran internet gratis ini pun turut dirasakan oleh tenaga pengajar.

“Guru-guru merasa dengan banyaknya Zoom call dan berbagai kebutuhan beragam aplikasi, guru pun merasakan dampak positif dari program bantuan ini,” pungkasnya.

Kebijakan bantuan kuota internet dibagi berdasarkan tingkatan pendidikan. Adapun peserta didik PAUD mendapat 7 GB/bulan, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 10GB/bulan.

Sedangkan untuk pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 12 GB/bulan. Kemudian untuk mahasiswa dan dosen mendapat 15 GB/bulan.

Baca Juga:
Mendikbud Nadiem Dicari Mahasiswa lewat Medsos

Berbeda dari tahun sebelumnya, bantuan kuota data internet tahun 2021 ini tidak tersedia kuota khusus belajar, melainkan kuota umum yang dapat dipakai di semua aplikasi.

“Berdasarkan masukan masyarakat, keseluruhan bantuan kuota internet di tahun 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Serta daftar pengecualian yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota internet Kemendikbud,” paparnya.

Periode bantuan kuota internet ini bakal berlangsung selama tiga bulan sejak bulan Maret 2021 ini.

“Bantuan akan disalurkan pada tanggal 11-15 setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak diterima,” ujar Nadiem.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories