Kiat Hindari Ancaman Serangan Siber Selama Piala Dunia 2018

Technologue.id, Jakarta – Euforia yang dihadirkan gelaran akbar Piala Dunia FIFA 2018 sukses menyedot perhatian publik dari seluruh penjuru dunia. Namun di balik itu semua, terselip sebuah bahaya yang mengancam para penikmat sepak bola.

Fortinet, penyedia layanan solusi keamanan siber yang terintegrasi, memperingatkan penggemar sepak bola untuk tetap waspada terhadap ancaman serangan siber yang mengintai selama Turnamen Piala Dunia FIFA 2018.

Menurut Gavin Chow, Network & Security Strategist untuk Fortinet Asia Pasifik, acara olahraga internasional berskala besar seperti Piala Dunia FIFA adalah target utama serangan siber, bahkan juga berpotensi menyerang individu biasa.

“Peretas tahu bahwa dalam kegembiraan mereka untuk menonton pertandingan terbaru atau mengetahui skor terbaru, pengguna komputer sering melupakan akal sehat dan mengabaikan kebiasaan komputasi yang aman,” lanjut Gavin.

Baca juga:

Penting! Ini Tips Agar Anda Tidak Menjadi Korban Tiket Palsu Piala Dunia 2018

Fortinet memperkirakan lonjakan penipuan online dan serangan phishing saat pertandingan sepakbola terbesar dunia berlangsung. Untuk itu mereka membagikan lima kiat keamanan untuk bertahan dari ancaman siber selama Piala Dunia FIFA 2018:

1. Berhati-hatilah ketika mencari informasi terkait Piala Dunia FIFA 2018
Baik saat melihat liputan langsung, tayangan ulang pertandingan, atau memeriksa statistik pertandingan secara online, penting untuk hanya mengunjungi situs web tepercaya. Acara yang mendapatkan perhatian publik dan liputan media yang signifikan sering digunakan sebagai umpan untuk kampanye spam atau spear-phishing.

Aktor jahat juga dapat membuat situs web dan domain palsu yang tampak sebagai berita yang dapat digunakan untuk mengirimkan malware kepada pengguna akhir setelah mengunjungi situs.

2. Hati-hati terhadap serangan phishing
Pengguna dapat menerima email spam yang mengumumkan bahwa mereka adalah pemenang yang beruntung dari undian untuk tiket ke putaran final Piala Dunia. Dengan mengeklik tautan itu, Anda dapat dibawa ke situs web yang disusupi dan membuat Anda mengunduh perangkat lunak perusak ke komputer Anda, mencuri data dan informasi pribadi Anda.

Baca juga:

Tips Tetap Aman Terhubung ke Wi-Fi Publik di Piala Dunia 2018 Rusia

3. Waspada terhadap penjual online yang menawarkan tiket diskon atau murah
Jika Anda menemukan toko online yang menawarkan tiket pertandingan atau barang dagangan dengan harga yang sangat rendah, periksa untuk memastikan itu adalah toko yang sah dan bukan toko palsu yang akan hilang kemudian hari bersama dengan informasi kartu kredit Anda.

4. Selalu perbarui perangkat lunak
Menjalankan versi terbaru dari sistem operasi Anda, perangkat lunak keamanan, aplikasi, dan browser Web adalah salah satu pertahanan terbaik terhadap malware, virus, dan ancaman siber lainnya. Penyerang siber biasanya menargetkan kelemahan dan kerentanan di browser dan plug-in yang ketinggalan zaman. Yang terbaik adalah memiliki perangkat lunak keamanan dan pembaruan browser web secara otomatis untuk meminimalkan paparan terhadap ancaman yang diketahui.

Baca juga:

Teknologi Ini Bantu Tingkatkan Performa Timnas Jerman di Piala Dunia 2018

5. Hindari hotspot Wi-Fi publik
Permainan Piala Dunia berlangsung di malam hari (waktu APAC) ketika banyak dari kita keluar dari rumah kita. Meskipun dapat menggoda, hindari koneksi ke hotspot Wi-Fi yang tidak dikenal untuk menonton pertandingan.

Sebuah hotspot tidak aman mempermudah hacker untuk mencegat login dan kata sandi, pesan email, dokumen terlampir dan informasi pribadi dan rahasia lainnya. Jika Anda harus menggunakan Wi-Fi, gunakan jalur akses resmi yang memiliki enkripsi yang dilindungi kata sandi.

Recent Articles

Wujud Samsung Galaxy Note 20+ Terungkap, Usung Layar Besar

Technologue.id, Jakarta - Wujud Samsung Galaxy Note 20+ mengemuka di internet. Pembocor kenamaan, @OnLeaks dan Pigtou mengungkap flagship terbaru ini memiliki layar...

Belanja Online Meningkat, Waspada ‘Magis’ Mengintai

Technologue.id, Jakarta - Pandemi COVID-19 mengubah perilaku masyarakat Indonesia menjadi pengguna aktif internet. Data Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebutkan penggunaan internet...

Trafik Data XL Axiata Melesat Selama Lebaran

Technologue.id, Jakarta - Momen Lebaran 2020 ini XL Axiata mencatat kenaikan trafik pada layanan data sebesar 25% dibanding hari-hari normal. Kenaikan ini...

Buntut Seteru dengan Twitter, Donald Trump Gagas Aturan Media Sosial

Technologue.id, Jakarta - Perseteruan antara Presiden AS Donald Trump versus Twitter terus berlanjut. Trump bahkan akan menandatangani perintah eksekutif terkait perusahaan media...

Trafik Telekomunikasi Melonjak Saat Lebaran dan PSBB, XL AXIATA Gandeng Huawei Tingkatkan Kualitas Jaringan

Technologue.id, Jakarta - Huawei Indonesia telah memberikan dukungan optimal kepada XL Axiata, penyedia layanan telekomunikasi dan solusi TIK terkemuka, dalam menghadirkan layanan...

Related Stories