Technologue.id, Jakarta – Seiring dengan penemuan dari ahli Kaspersky Lab mengenai email phising berupa tiket palsu yang mengincar para fans sepakbola di Piala Dunia 2018, Kaspersky membagikan tips agar tidak menjadi korban kejahatan siber semacam ini.

Untuk memastikan pengguna tidak menjadi korban penipuan jenis ini, sistem anti-phishing Kaspersky Lab mendeteksi dan memblokir email dan situs web yang diduga palsu.

Baca juga:

Awas! Ini Kejahatan Siber yang Mengintai Fans Sepakbola di Piala Dunia 2018

Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat diikuti para fans sepak bola atau pengguna lainnya untuk menghindari penipuan jenis ini dan menjaga uang mereka, baik selama Piala Dunia berlangsung maupun ajang lainnya:

- Advertisement -

– Waspadalah. Belilah tiket dari sumber resmi dan selalu periksa kembali alamat situs dan tautan yang ingin Anda kunjungi.

Baca juga:

Tips Agar Anda Terhindar dari Kejamnya Praktik Phising Online

– Jangan klik tautan dalam email, pesan instan atau posting media sosial jika berasal dari pihak atau organisasi yang tidak dikenal atau memiliki alamat yang mencurigakan dan tidak wajar.

– Gunakan kartu dan rekening bank terpisah dengan jumlah uang terbatas, terutama digunakan untuk transaksi daring. Langkah Ini akan membantu menghindari kerugian finansial yang lebih besar jika detil informasi bank Anda dicuri.

Baca juga:

Selain ZTE, Vendor Smartphone Ini Juga Dicurigai Amerika Serikat

-De-risk data. Lebih baik menginstal solusi keamanan handal yang dilengkapi dengan database situs phishing dan berbahaya.