Kisah Sukses Penjual Produk Digital Setelah Gabung di Mitra Tokopedia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Memulai sebuah usaha atau bisnis di era digital saat ini bisa dilakukan dengan mudah. Tidak harus dengan modal besar atau punya toko fisik, cukup diawali dengan keinginan yang kuat, semuanya bisa diwujudkan.

Hal ini dibuktikan oleh Daniel Djap Nen Kiong. Hanya bermodalkan ponsel dan bergabung dengan Mitra Tokopedia, dirinya bisa memperoleh pendapatan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarga kendati ekonomi sulit akibat pandemi Covid-19.

Daniel menjual berbagai produk digital seperti pulsa, paket data, dan token listrik. Ini adalah kebutuhan yang tak terhindarkan saat pandemi Covid-19 karena banyak orang beraktivitas lewat daring. Belajar online maupun bekerja dari rumah membutuhkan akses internet yang memadai.

“Produk digital yang paling banyak dibeli itu pulsa dan paket data. Satu minggu (pembelian) pulsa bisa berkali-kali,” ujar Daniel.

Baca Juga:
Tokopedia Dukung Penjual Hadirkan Inisiatif Ramah Lingkungan

Daniel Djap Nen Kiong

Awal mula pria asal Singkawang, Kalimantan Barat, itu bergabung dengan Mitra Tokopedia karena alasan harga yang murah dan banyak menawarkan program menguntungkan bagi seller. Ia mengetahui informasi mengenai program yang diluncurkan Tokopedia pada November 2018 itu melalui media sosial.

Setelah menjadi anggota Mitra Tokopedia di 2019, Daniel mengaku mengalami peningkatan transaksi secara signifikan. Salah satu faktor pendorongnya, karena banyak pilihan produk digital di Mitra Tokopedia sehingga Ia bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih mudah. Tidak hanya pulsa, namun ada juga BPJS, PDAM, token listrik, voucher game, dan masih banyak lagi.

“Peningkatannya bisa dibilang dua hingga tiga kali lipat sejak awal bergabung. Setiap hari ada transaksi terutama untuk pulsa dan paket data. Kalau untuk (pembayaran) tagihan itu di tanggal-tanggal tertentu mereka baru bayar,” ungkapnya.

Menurut Daniel, aplikasi Mitra Tokopedia mudah digunakan bagi difabel. Antarmuka pengguna (user interface/UI) disebutnya aman dan user friendly. Fitur pembayaran menjadi salah satu fitur yang paling bermanfaat bagi usahanya.

Baca Juga:
Tokopedia Tambahkan Fitur Geo-Tagging di TokoMart, Ini Fungsinya

Manfaat adanya Mitra Tokopedia tidak hanya dirasakan oleh Daniel saja. Bagi konsumen pun, mereka merasa dimudahkan karena tak perlu lagi antri lama untuk bayar tagihan dan bisa bayar kapan saja. Bahkan hingga tengah malam sekalipun, pria berusia 45 tahun itu masih terbuka melayani para pembeli.

Daniel berharap ada dukungan yang dihadirkan oleh Tokopedia maupun pemerintah untuk pengusaha difabel seperti dirinya. Sejak pandemi melanda pada Maret 2020, Ia belum pernah sama sekali mendapat bantuan dana dari pemerintah, terutama bantuan sosial yang menyasar UMKM. Ke depannya, pemerintah setempat bisa membagikan dana bansos lebih merata kepada UMKM.

Selain menjajakan produk digital, Daniel juga menjual masker saat pandemi ini. Ia ingin memperluas bisnis ke grosir namun dari sisi modal belum mendukung.

Sementara itu, Daniel mengusulkan supaya Mitra Tokopedia memiliki fitur Tempo agar para mitra bisa membeli barang-barang kebutuhan dagangnya dan membayarnya di belakang.

Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo mengatakan, “Saat ini, ekosistem Mitra Tokopedia telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani lebih lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia. Mitra Tokopedia diharapkan dapat menjadi solusi bagi pegiat usaha tradisional untuk dapat berpartisipasi dalam perekonomian digital, khususnya di tengah pandemi.”

- Advertisement -

Latest News

Related Stories